Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Fungsi Fitur Hotspot Pada MikroTik

Hotspot pada MikroTik adalah fitur yang memungkinkan pengguna untuk menyediakan akses internet nirkabel (Wi-Fi) dan membuat sistem autentikasi pengguna untuk mengontrol akses ke jaringan. Berikut adalah beberapa fungsi utama dari Hotspot pada MikroTik:

Fungsi Hotspot Pada Mikrotik
Fungsi Hotspot Pada Mikrotik

Fungsi Hotspot Pada Mikrotik

Akses Internet Nirkabel:

Hotspot memungkinkan penyedia layanan internet untuk menyediakan akses internet nirkabel melalui Wi-Fi. Pengguna dapat terhubung ke jaringan Wi-Fi hotspot dengan perangkat mereka seperti laptop, smartphone, atau tablet.

Autentikasi Pengguna:

Hotspot memberikan kemampuan untuk menerapkan autentikasi pengguna sebelum mereka dapat mengakses internet. Ini dapat dilakukan melalui berbagai metode autentikasi seperti username dan password, voucher prabayar, atau autentikasi melalui halaman login kustom.

Manajemen Pengguna:

Administrator dapat mengelola pengguna hotspot, mengatur hak akses, melihat log aktivitas, dan memonitor penggunaan internet. Ini memberikan kontrol yang lebih baik terhadap siapa yang dapat mengakses internet dan sejauh mana mereka dapat menggunakannya.

Limitasi Kuota dan Kecepatan:

Hotspot memungkinkan administrator untuk mengatur limitasi kuota dan kecepatan pengguna, memberikan kendali lebih lanjut terhadap penggunaan internet di jaringan.

Redirect ke Halaman Login:

Setelah terhubung ke hotspot, pengguna dapat diarahkan ke halaman login untuk memasukkan kredensial autentikasi mereka atau informasi lainnya sebelum mendapatkan akses penuh ke internet.

Voucher Prabayar:

Hotspot mendukung sistem voucher prabayar yang memungkinkan pengguna membeli voucher dengan durasi dan kuota tertentu. Voucher ini kemudian dapat digunakan untuk mengakses internet tanpa perlu membuat akun pengguna.

Monitoring Aktivitas Pengguna:

Administrator dapat memantau aktivitas pengguna, termasuk melihat siapa yang terhubung, berapa lama mereka terhubung, dan seberapa banyak bandwidth yang mereka gunakan.

Keamanan Jaringan:

Dengan menggunakan autentikasi pengguna, hotspot membantu meningkatkan keamanan jaringan Wi-Fi dan mencegah akses tidak sah.

Hotspot pada MikroTik sangat berguna untuk lingkungan seperti kafe, hotel, pusat perbelanjaan, atau tempat umum lainnya yang menyediakan layanan Wi-Fi publik. Dengan memanfaatkan fitur-fitur ini, administrator dapat mengontrol akses dan meningkatkan keamanan serta manajemen penggunaan internet di jaringan.

Jaringan Komputer
Yosa AP
Yosa AP
Guru, Desainer, Programmer
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar