Notifikasi
Tidak ada notifikasi baru.

Apa Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS?

Artikel ini akan membahas tentang pengertian, perbedaan antara http dan https dan juga bagaimana cara beralih dari HTTP ke HTTPS.

Perbedaan HTTP dan HTTPS
Perbedaan HTTP dan HTTPS

Saat menjelajahi internet, Anda mungkin sering menjumpai http:// atau https:// sebelum memulai URL di alamat browser. Jika Anda tertarik untuk mengetahui tentang keduanya, maka postingan ini akan membantu Anda. Di sini, kita akan mengerti apa arti HTTP dan HTTPS. Kami juga akan mengeksplorasi perbedaan antara HTTP dan HTTPS dan memahami cara beralih dari HTTP ke HTTPS.

Daftar Isi

Apa itu HTTP?

HTTP (Hypertext Transfer Protocol) adalah dasar dari setiap pertukaran data di World Wide Web. HTTP menyediakan seperangkat aturan dan standar yang mengontrol bagaimana informasi apa pun dapat ditransfer di World Wide Web.

HTTP adalah protokol lapisan aplikasi dalam model Internet Protocol Suite (TCP/IP). HTTP adalah protokol klien-server yang memungkinkan web browser dan web server untuk berkomunikasi. Saat pengguna membuat permintaan HTTP di browser, server mengirimkan data yang diminta kepada pengguna dalam bentuk halaman web.

HTTP dalam setiap transaksinya akan dieksekusi secara terpisah. Setelah menyelesaikan transaksi antara web server dan web server, koneksi terputus.

HTTP Request/Respons

Berikut adalah bagaimana komunikasi antara klien dan server terjadi dengan request dan respons HTTP :

  • Klien (browser) mengirimkan permintaan HTTP ke web
  • Web server akan menerima permintaan tersebut
  • Web server akan menjalankan aplikasi untuk memproses permintaan
  • Server akan mengembalikan respons HTTP ke browser
  • Klien akan menerima respons

Apa itu HTTPS?

HTTPS mengacu pada versi HTTP yang lebih aman. HTTPS akan membuat koneksi lebih aman antara klien dan server. HTTPS menggunakan protokol keamanan Transport Layer Security (TLS), penerus Secure Sockets Layer (SSL) untuk mengenkripsi data sebelum transmisi. Dengan demikian, data tetap aman sepanjang jalur koneksi.

Protokol TLS menggunakan infrastruktur kunci publik asimetris dengan dua kunci :

  • Kunci pribadi: Kunci ini mendekripsi informasi yang dienkripsi oleh kunci publik. Ini tersedia di server web dan dikelola oleh pemilik situs web.
  • Kunci publik: Kunci ini mengubah data menjadi bentuk terenkripsi dan tersedia untuk semua orang.

Apa Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS?

HTTP HTTPS
Kepanjangan dari HTTP adalah Hypertext Transfer Protocol. Kepanjangan dari HTTPS adalah Hypertext Transfer Protocol Secure.
URL HTTP diawali dengan http:// URL HTTPS diawali dengan https://
HTTP menggunakan nomor port 80 HTTP mengirimkan data melalui nomor port 443.
HTTP adalah protokol lapisan aplikasi. HTTPS adalah protokol lapisan transport.
Kurang aman dan rentan terhadap serangan peretasan. Sangat aman.
Tidak mempunyai sertifikat SSL HTTPS berisi sertifikat SSL.
Situs web HTTP tidak menggunakan enkripsi data. Situs web HTTPS menggunakan enkripsi data.
Cepat. Lebih lambat dari HTTP.
HTTP tidak membantu dalam meningkatkan peringkat pencarian. HTTPS memberikan keuntungan SEO karena Google memberikan preferensi ke situs web yang menggunakan HTTPS.

Mana yang Lebih Baik : HTTP vs HTTPS?

Jika Anda ingin memulai situs web baru, Anda dapat menggunakan protokol HTTPS karena lebih aman. Jika situs web Anda saat ini menggunakan HTTP, maka Anda dapat beralih ke HTTPS. Meskipun ada banyak manfaat HTTPS dibandingkan HTTP, ada beberapa tantangan yang mungkin kita hadapi jika kita tidak mengikuti prosedur yang benar untuk beralih dari HTTP ke HTTPS.

Bagaimana Cara Beralih dari HTTP ke HTTPS?

Berikut langkah-langkah untuk beralih dari HTTP ke HTTPS:

  • Persiapan: Pindah dari HTTP ke HTTPS adalah langkah besar. Jadi, Anda perlu melakukannya saat situs web Anda tidak terlalu sibuk.
  • Beli dan Instal Sertifikat SSL: Anda dapat membeli sertifikat SSL dari host situs web Anda. Mereka juga dapat menginstal dan mengkonfigurasinya. Anda harus memutuskan mana dari tiga jenis sertifikat yang paling cocok untuk kebutuhan situs web Anda : Domain Validated (DV SSL), Organization Validated (OV SSL), dan Extended Validation (EV SSL).
  • Aktifkan HTTPS: Bermigrasi ke HTTPS akan bergantung pada ukuran situs web Anda. Jika situs web Anda sangat besar, maka Anda harus melakukannya secara bertahap. Beralih dari subdomain ke bagian paling penting dari situs web Anda.
  • Setelah HTTPS diinstal dan dijalankan dengan benar, Anda dapat mengakses versi HTTPS halaman Anda.
  • Pengalihan 301 Dari HTTP ke HTTPS: Pengalihan 301 akan memberi tahu mesin telusur bahwa situs telah berubah. Anda dapat menyiapkan pengalihan 301 untuk mengalihkan lalu lintas dari server ke protokol HTTPS baru secara otomatis jika Anda menggunakan CMS. Jika tidak, Anda harus melakukannya secara manual.

Kesimpulan

HTTPS menawarkan banyak keunggulan dibandingkan HTTP dalam hal keamanan. HTTPS lebih baik dalam hal menerima informasi sensitif dari pengguna. 

Jaringan Komputer
Yosa AP
Yosa AP
Guru, Desainer, Programmer
Gabung dalam percakapan
Posting Komentar