Sejarah Perkembangan Generasi Komputer Lengkap

Sejarah Perkembangan Komputer - Komputer berasal dari bahasa Yunani "Computare" yang memiliki arti memperhitungkan atau menggabungkan bersama-sama. Kata com memiliki arti menggabungkan dalam pikiran, sedangkan putare memiliki arti memikirkan perhitungan. Sedangkan dalam bahasa Inggris komputer berasal dari kata "To Compute" yang artinya menghitung.

Pada awalnya, kata komputer digunakan untuk memvisualisasikan orang yang mempunyai pekerjaan untuk melakukan perhitungan aritmatika. Namun, kini komputer dapat diartikan sebagai sebuah perangkat mesin. Dalam pengertian dasar, komputer adalah perangkat yang membantu manusia untuk melakukan berbagai macam perhitungan.

Dalam sejarah komputer, Sempoa atau Abacus merupakan awal dari terciptanya komputer. Komputer dalam menjalankan prosesnya, memungkinkan untuk melakukan perhitungan yang lebih luas dan cepat. Hingga pada saat ini komputer sanggup memproses gambar, suara, teks dan bentuk data non numerik. Yang perlu di garis bawahi adalah semua itu tidak lepas dari perhitungan numerik dasar. Gambar, suara dan data lainnya hanyalah sebuah abstaksi dari berbagai angka yang bergerak di dalam sebuah mesin. Di dalam komputer angka - angka tersebut yaitu “1” dan “0” yang mewakili kombinasi listrik aktif dan non aktif. Dengan kata lain setiap gambar, suara, teks dan lainnya di dalam komputer mempunyai isyarat biner yang sesuai.

Sejarah Perkembangan Komputer
Sejarah Perkembangan Komputer

Dalam perkembangannya, komputer tentunya banyak sekali fase - fase yang telah dilalui, komputer tidak eksklusif diciptakan dengan kondisi secanggih yang ada menyerupai kini ini. Berikut ini pengelompokkan 5 generasi komputer :

1. Komputer Generasi Pertama (1944 - 1959)

Komputer generasi pertama ialah ENIAC. ENIAC merupakan komputer elektronik pertama didunia yang memiliki bobot seberat 30 ton, panjang 30 m dan tinggi 2,4 m serta membutuhkan daya listrik 174 kw untuk menjalankannya. Komputer ENIAC menggunakan Tabung hampa udara (vacum-tube) yang terbuat dari beling untuk penguat sinyal. Komputer generasi pertama masih mempunyai banyak hambatan seperti gampang pecah, dan cepat menyalurkan panas.

Perkembangan komputer generasi pertama ini memiliki ciri - ciri sebagai berikut :

  • Pada generai ini komputer masih banyak mengeluarkan panas.
  • Menggunakan komponen elektronikanya yang terbuat dari Tabung Hampa Udara (Vacuum Tube).
  • Program dibentuk dalam bahasa mesin (Machine Language), yang programnya tersimpan dalam memori komputer.
  • Untuk mengoprasikannya pun membutuhkan kekuatan listrik yang cukup besar.
  • Kapasitas yang disediakan untuk penyimpannan data sangat kecil dan terbatas.
  • Programnya masih menggunakan bahasa mesin dengan menggunakan isyarat 0 dan 1 dalam urutan tertentu.
  • Prosesnya relatif lambat.
  • Mempunyai Ukuran atau bentuk yang sangat besar sehingga diharapkan sebuah ruangan yang yang cukup lebar hanya untuk meletakan komputer ini.
  • Orientasi utama pada aplikasi bisnis.
  • Menggunakan sistem luar magnetic tape dan magnetic disk.


2. Komputer Generasi Kedua (1960 -1964)

Perkembangan komputer generasi kedua lahir pada tahun 1960 an, penemuan transistor sangat mempengaruhi perkembangan komputer pada saat itu. Transistor sanggup menggantikan tabung hampa udara. Dan hal tersebut tentunya megubah semua ukuran mesin yang awalnya besar menjadi lebih kecil. Transistor mulai dipakai pada komputer sekitar tahun 1956 an. Penemuan lain yang berupa pengembangan memori inti magnetik membantu pengembangan komputer generasi kedua yang lebih kecil, lebih cepat, lebih sanggup dipercaya dan lebih ekonomis energi dibanding dengan komputer generasi pertama.

Komputer IBM-7090 buatan Amerika Serikat merupakan salah satu komputer komersial yang memanfaatkan transistor. Komputer ini dirancang untuk menuntaskan segala macam pekerjaan baik yang bersifat ilmiah ataupun komersial. Karena kecepatan dan kemampuan yang dimilikinya, komputer IBM-7090 menjadi sangat populer. Komputer generasi kedua lainnya ialah IBM Serie 1400, NCR Serie 304, MARK IV dan Honeywell Model 800.

Perkembangan komputer generasi kedua ini mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :

  • Program sanggup dibentuk dengan bahasa tingkat tinggi (high level language), menyerupai FORTRAN, COBOL, ALGOL.
  • Kapasitas memori utama sudah tidak mengecewakan besar.
  • Sirkuitnya ialah transistor.
  • Ukuran fisik komputer lebih kecil dari komputer generasi pertama
  • Tidak membutuhkan terlalu banyak listrik.
  • Berorientasi pada bisnis dan teknik. 
  • Proses operasi sudah cepat.

3. Komputer Generasi Ketiga (1964 - 1971)

Komputer generasi ketiga merupakan sebuah perkembangan yang sangat pesat dari perkembangan komputer yang ada. Komputer generasi ketiga muncul semenjak masa 1965 - 1971 an. Transistor yang dianggap tidak efisien lagi menciptakan para ilmuan mencari alternatif lain dan kemudian di temukan pada kerikil kuarsa (Quartz rock). Jack Kilby, seorang insinyur di Texas Instrument, berbagi sirkuit terintegrasi (integrated circuit) / IC di tahun 1958. Hal ini merupakan sebuah penemuan yang sanggup mendongkrak munculnya komputer generasi ketiga.

4. Komputer Generasi keempat (1971)

Setelah IC ditemukan, perkembangan komputer semakin pesat dan jelas. Pada tahun 1971 chip INTEL 4004 membawa kemajuan besar dalam dunia IC, jasus berhasil memasukan semua komponen dalam sebuah komputer (central processing unit, memori, dan kendali input / output) kedalam sebuah chip tunggal yang sangat kecil, kalau sebelumnya IC dipakai untuk mengerjakan pekerjaan  tertentu saja maka pada masa ini microprocessor sanggup diproduksi dan di kegiatan untuk menjalankan seluruh kebutuhan yang diinginkan.

Perkembangan komputer generasi keempat mempunyai ciri - ciri sebagai berikut :

  • Dikembangkan komputer mikro yang menggunakan micro processor dan semiconductor yang berbentuk chip untuk memori komputer.
  • Pada generasi ini komputer sudah menggunakan Large Scale Integration (LSI).

5. Komputer Generasi Kelima (sekarang)

Sejarah perkembangan komputer generasi kelima ialah komputer yang kita gunakan kini ini dimana pada generasi ini ditandai dengan munculnya LSI (Large Scale Integration) yang merupakan pemadatan ribuan microprocessor ke dalam sebuah microprocesor. Selain itu, juga ditandai dengan munculnya microprocessor dan semi conductor. Perusahaan - perusahaan yang menciptakan microprocessor di antaranya ialah Intel Corporation, Motorola dan Zilog. Di pasaran bisa kita lihat adanya microprocessor dari Intel dengan model 4004, 8088, 80286, 80386, 80486, dan Pentium. Pentium 4 merupakan produksi terbaru dari Intel Corporation yang diharapkan sanggup menutupi segala kelemahan yang ada pada produk sebelumnya, di samping itu, kemampuan dan kecepatan yang dimiliki Pentium 4 juga bertambah menjadi 2 Ghz. Gambar - gambar yang ditampilkan menjadi lebih halus dan lebih tajam, di samping itu kecepatan memproses, mengirim ataupun mendapatkan gambar juga menjadi semakin cepat.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar