Cara Mudah Memperbaiki Keyboard yang Tidak Berfungsi

Cara Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi - Bagi anak sekarang, pasti sudah tidak asing dengan perangkat keyboard. Saya percaya semua sudah pernah menggunakan keyboard komputer. Saat ini sudah banyak jenis keyboard yang beredar di pasaran. Pada kesempatan ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana memperbaiki keyboard yang rusak.

Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi
Cara Mudah Memperbaiki Keyboard Tidak Berfungsi

Salah satu contoh permasalahan yang terjadi pada keyboard atau laptop kita adalah tiba-tiba salah satu key huruf pada keyboard berhenti merespon, atau seluruh bagian dari keyboard berhenti merespons saat ditekan. Meskipun hal ini mudah, tapi bagi orang awam akan terasa membingungkan untuk menanganinya. Ada beberapa langkah yang bisa kita coba praktekkan untuk menangani hal tersebut.

Coba periksa partikel kecil/kotoran

Kita perlu tau bahwa semua perangkat pada laptop merupakan perangkat yang sangat sensitif terhadap debu maupun kotoran. Kotoran atau debu yang menempel pada keyboard dapat mempengaruhi kinerja keyboard anda dan dapat menyebabkan konslet.

Jika kita memiliki vakum cleaner (penyedot debu) yang khusus untuk keyboard, coba bersihkan sudut dan celah dari bagian keyboard. Apabila satu atau dua tombol terdapat noda cairan yang sulit untuk dibersihkan, maka kita dapat mencoba membersihkan dengan kain yang direndam air.

Merestart PC / Laptop

Dengan cara merestart PC atau laptop terkadang banyak masalah yang dapat diselesaikan seperti freeze, lag, atau masalah lain termasuk keyboard tidak berfungsi. Jika kita tidak dapat menggunakan keyboard, cukup tahan tombol daya selama sekitar 10-15 detik untuk mengaktifkan PC off. Jika itu tidak mengatasi masalah, coba salah satu solusi di bawah ini.

Masalah pada driver

Periksa pada Device Manager di laptop. Jika item baris keyboard ada yang memiliki tanda seru kuning disampingnya atau jika ikon keyboard tidak muncul sama sekali, maka kita harus mencoba untuk mencari driver di internet, download dan instal driver terbaru untuk keyboard. 

Menggunakan USB

Jika semuanya gagal, kita dapat memasang keyboard USB pada komputer desktop, setidaknya kita dapat mengambil data dahulu setelah itu baru kita lanjutkan memperbaikinya.

Bad Koneksi

Terkadang keyboard kehilangan koneksi dengan motherboard laptop. Kita dapat melepas dan menyambung kembali dibagian bawah keyboard, namun harus dengan hati-hati, Jika tidak, periksa situs produsen laptop untuk membantu kita membongkar laptop.

Keyboard cacat

Jika kita masih dalam masa garansi atau memiliki garansi diperpanjang, coba hubungi produsen komputer/laptop. 

Mempunyai laptop dengan tombol keyboard yang tidak berfungsi bukan berarti kita harus membuang laptop, tips diatas seharusnya dapat menjadi acuan kita untuk memeriksa dan memcoba mengatasi masalah saat terjadi permasalahan pada keyboard, namun jika semua cara diatas gagal saya sarankan agar pergi ke servis komputer yang terpercaya dan saatnya kita serahkan kepada ahlinya.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar