Cara Mudah Mematikan Komputer Tanpa Menutup Program Aplikasi

Cara Mematikan Komputer/Laptop tanpa menutup Program - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang cara mematikan komputer tanpa harus menutup program. Bagi seorang IT mematikan komputer merupakan cara yang sangat mudah, akan tetapi bagi orang awam jika tidak tau akan terlihat susah.

Kebanyakan orang mematikan komputer biasanya menggunakan tombol shutdown, tombol shutdown dapat mematikan komputer serta program-program yang sedang berjalan. Akan tetapi bagaimana cara mematikan komputer tanpa menutup aplikasi? Terdapat 2 cara yang bisa digunakan yaitu dengan menekan tombol sleep atau hibernate.

Cara Mudah Mematikan Komputer Tanpa Menutup Program Aplikasi
Cara Mudah Mematikan Komputer Tanpa Menutup Program Aplikasi

Cara Mematikan Komputer/Laptop Tanpa Menutup Program

Berikut penjelasan serta langkah langkah tentang Sleep dan Hibernate.

Pengertian Sleep Pada Komputer

Sleep ialah fitur yang digunakan untuk menghemat sumber daya komputer atau laptop dengan cara kerja bila sleep mode dipilih maka komputer/laptop akan berhenti memproses data dan data tersebut akan disimpan pada memory yang kemudian dapat dipakai kembali apabila dibutuhkan. Walapun semua komponen berhenti namun ada beberapa koponen yang masih berjalan yaitu memory dan processor. Ketika kita memakai mode sleep, maka komputer atau laptop akan menyala pada lampu indikatornya atau berkedap-kedip. Mode ini bisa kita gunakan apabila kita tidak terlalu meninggalkan komputer atau laptop.

Cara Sleep Pada Komputer

  1. Klik tombol "Start" di desktop.
  2. Tekan icon "Power"
  3. Pilih tombol "Sleep"

Pengertian Hibernate Pada Komputer

Hibernate ialah fitur yang digunakan untuk menghemat sumber daya komputer dengan mematikan seluruh komponen komputer beserta software aplikasi didalamnya. Bila mode hibernate diaktifkan, maka lampu indikator akan mati persis ibarat shutdown, namun ketika komputer/laptop dinyalakan kembali maka software atau aplikasi tidak akan tertutup dan masih sanggup untuk dijalankan kembali. Seperti namanya, Hibernate yaitu tidur panjang untuk sementara waktu. Fitur ini cocok bila kita  mematikan komputer.laptop untuk jangka waktu yang panjang tanpa menutup software/aplikasi.

Cara Hibernate Pada Komputer

  • Buka opsi daya - pilih Start, lalu pilih Pengaturan - Power & tidur - Pengaturan daya tambahan.  
  • Pilih Pilih apa yang dilakukan tombol daya, lalu pilih Ubah pengaturan yang saat ini tidak tersedia. Di bawah Pengaturan penutupan, pilih kotak centang Hibernasi (jika tersedia), lalu pilih Simpan perubahan.
Sekarang kita akan bisa hibernasi PC dengan beberapa cara berbeda:
  • Pilih Start , lalu pilih Daya - Hibernasi.
  • Tekan tombol Windows + X di keyboard, lalu pilih Matikan atau keluar - Hibernasi.

Nah sekian penjelasan tentang cara mematikan komputer tanpa menutup aplikasi, semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian. Sekian dan terimakasih.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar