Apa Fungsi Firewall Pada VoIP?

Fungsi Firewall di VoIP - Firewall merupakan istilah yang sering digunakan dalam jaringan komputer. Seperti firewall yang digunakan pada rumah dan bangunan, firewall pada komputer juga bertindak sebagai penghalang antara komputer dalam suatu jaringan. Bagi perusahaan maupun individu yang terkoneksi permanen ke internet (seperti melalui DSL atau kabel), firewall sangatlah penting. Tanpa adanya firewall, penyusup akan mampu masuk lalu menghancurkan, merusak atau mendapatkan akses ke file di komputer kita. Firewall sendiri dapat ditemukan dalam bentuk perangkat keras atau perangkat lunak. Walaupun tidak ada penjelasan secara kompleks tentang bagaimana firewall bekerja, fungsi firewall adalah sebagai filter yang terus-menerus memantau lalu lintas pada jaringan kita.

Firewall VoIP
Firewall VoIP

Setiap kali paket informasi atau data melewati salah satu filter, maka firewall akan mencegah upaya jahat dan mencegah kerusakan. Tentu saja, kadang-kadang firewall juga akan memblokir lalu lintas yang kita inginkan, tetapi dapat juga memblokir program yang kita percaya aman. Melalui beberapa pengaturan, firewall dapat ditingkatkan dan filter dapat disesuaikan dengan keinginan kita untuk meningkatkan keberhasilan.

Banyak pengguna komputer yang mengakses internet melalui router, hal ini sangat menguntungkan dengan adanya firewall. Router sendiri dapat dikonfigurasi sebagai firewall, setiap serangan jahat dari jaringan, akan berhenti di router sehingga akan terhindar dari efek buruk dari komputer lain. Seperti hardware firewall yang dapat diperkuat dengan pertahanan lini sekunder dalam bentuk firewall perangkat lunak.

Fungsi Firewall pada komputer

  • Dapat mengontrol dan mengawasi paket data yang mengalir pada jaringan kompiter.
  • Dapat melakukan autentifikasi terhadap akses.
  • Aplikasi Proxy Firewall mampu memeriksa lebih dari sekedar header dari paket data.
  • Dapat mencatat setiap transaksi kejadian yang terjadi di Firewall.

Fungsi Firewall pada VoIP

  • VoIP memiliki ribuan port yang dapat diakses untuk berbagai keperluan. Firewall komputer bertugas menutup port-port tersebut kecuali beberapa port yang perlu tetap terbuka.
  • Firewall pada VoIP bertindak sebagai garis pertahanan pertama untuk mencegah semua jenis serangan atau hacking.
  • Menjaga informasi rahasia dan berharga agar tidak keluar tanpa diketahui oleh pengguna.
  • Untuk memodifikasi paket data yang datang melalui Firewall.

Sekian penjelasan mengenai fungsi firewall di VoIP, semoga artikel ini bermanfaat. Terimakasih telah berkunjung.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar