3 Alasan Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Alasan Laptop Overheating dan Solusinya - Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang beberapa penyebab PC/Laptop cepat panas atau overheating. Panas yang melewati batas tertentu pada laptop disebut dengan overheating. Laptop yang overheating mengharuskan kita untuk melakukan pergantian prosesor, VGA, atau chipset pada mesin nya. 

Alasan Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya
Alasan Laptop Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Misalkan saja processor yang mampu bekerja berat pada 65-90 derajat celcius. Laptop yang terus bekerja pada titik mendekati 90 derajat celcius bekerja sangat maksimal, akan tetapi apabila lewat sedikit saja dari suhu 90 maka dapat membuat kerusakan pada laptop. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan laptop overheating!

Sering Dipakai 24 Jam Tanpa Henti 

Ketika laptop digunakan 24 jam tanpa henti akan membuat pemakaian komputer mencapai 100%. Laptop yang berada dalam keadaan 100% secara terus menerus dapat membuat laptop menjadi cepat panas sehingga akan menyebabkan kerusakan pada laptop. Pemakaian kipas cooler tidak memiliki efek yang berarti untuk menangani kasus overheating. 

Solusi :

Beri laptop istirahat agar tidak cepat rusak. Usahakan untuk mematikan laptop apabila sudah lama digunakan agar semua komponen dapat beristirahat terlebih dahulu sebelum digunakan kembali.

Laptop Diletakkan Diatas Kasur atau Karpet

Panas laptop disebar melalui saluran udara. Jika kita menggunakan laptop di atas kasur maupun karpet maka laptop akan berdebu. Laptop yang bagian dalam nya berdebu sangat berbahaya. Selain itu, apabila laptop diletakkan diatas kasur atau karpet maka panas tidak dapat disebar melalui saluran udara karena tertutup debu yang mengakibatkan penurunan kinerja laptop. 

Solusi :

Perhatikan peletakkan laptop di tempat yang benar. Usahakan jangan meletakkan laptop ditempat yang berdebu.

Memaksakan Laptop Dengan Processor Performa Rendah Untuk Bekerja Berat

Memaksakan laptop dengan processor rendah untuk melakukan pekerjaan berat dapat menyebabkan loading pada laptop. Loading yang lama pada laptop bisa membuat produktivitas berkurang. Oleh karena itu usahakan laptop digunakan untuk bekerja sesuai dengan kemampuan. 

Solusi :

Gunakan aplikasi yang sesuai dengan spesifikasi atau kemampuan laptop.

Agar laptop tidak musah panas kalian juga dapan memanfaatkan fan cooler sebagai lambaran saat laptop digunakan. Hal itu dapat mengurangi panas pada laptop. Sekian artikel tentang penyebab overheating laptop dan solusinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar