Cara Mudah Menggunakan Mesin Printer Yang Baru Dibeli

Cara Menggunakan Mesin Printer Yang Baru Dibeli - Hampir setiap kegiatan belajar mengajar maupun pekerjaan mengharuskan kita untuk menggunakan printer. Tulisan yang dicetak menggunakan printer lebih rapi dibandingkan dengan tulisan tangan. Proses pengerjaannya pun bisa lebih cepat sehingga akan lebih efisien dari segi waktu dan tenaga. Pada kesempatan kali ini, saya akan memberikan tutorial  menggunakan printer yang baru dibeli.

Cara Mudah Menggunakan Mesin Printer Yang Baru Dibeli
Cara Menggunakan Printer Yang Baru Dibeli


Cara menggunakan printer ketika pertama kali setelah dibeli adalah melakukan instalasi perangkat komputer dengan printer. Untuk melakukan proses instalasi, ada dua metode yang dapat digunakan.

Metode pertama adalah dengan menginstal melalui penyimpanan eksternal (flask disk atau CD) sedangkan metode adalah menginstall software langsung dari perangkat printer (fitur ini hanya tersedia pada jenis printer tertentu).

Cara menginstall melalui penyimpanan eksternal (Flashdisk/CD)

1. Pertama, hubungkan kabel power pada printer dengan arus listrik.

2. Hubungkan kabel USB printer dengan komputer.

3. Tekan tombol power pada printer.

4. Sambungkan perangkat eksternal yang berisi data software (driver) pada komputer.

5. Cari file yang berekstensi .exe lalu jalankan.

6. Ketika ada pertanyaan agreement (persetujuan), centang bagian yang menyatakan bahwa kita setuju dengan semua ketentuan, lalu kemudian klik next.

7. Selanjutnya, kita hanya perlu mengeklik pada tombol “next” atau “selanjutnya” dan tunggu hingga keluar tombol “finish” atau “selesai”. Setelah proses ini, printer sudah terhubung dengan komputer kita.

Cara menginstall melalui sambungan USB printer

Langkah instalasi dengan metode ini jauh lebih mudah. kita hanya perlu menyambungkan kabel USB pada printer dengan komputer. Instalasi program akan keluar dengan sendirinya dan kita hanya perlu menekan tombol install. Setelah itu, ikuti instruksi yang tertera hingga proses instalasi selesai.

Cara menggunakan mesin printer yang sudah terhubung dengan komputer

Jika printer sudah terhubung dengan komputer, kita tidak boleh langsung menggunakannya. Kita harus melakukan test print dan cleaning terlebih dahulu. Cleaning dilakukan untuk memastikan kualitas cetak.

Cara melakukan test print dan cleaning adalah dengan melakukan double klik pada shortcut yang muncul di desktop setelah proses instalasi selesai. Carilah menu cleaning dan klik print. Setelah itu, akan muncul peringatan agar kita memasukkan kertas terlebih dahulu. Jika kertas sudah dimasukkan, klik “ok” dan tunggu proses cleaning selesai.

Setelah hasil cetak dirasa sudah pas, kita bisa mulai menggunakan printer. Cara menggunakan mesin printer yang benar adalah dengan memasukkan kertas terlebih dahulu. Setelah itu, cari dokumen yang akan di print. Buka dokumen yang akan di print lalu klik menu file - print. Kita juga bisa menggunakan menu singkat CTRL+P untuk mulai mencetak dokumen yang aktif.

Jika kita menggunakan printer tipe inject, jangan lupa membuka tutup tinta sebelum memulai menggunakan mesin printer. Satu hal lagi yang harus kita perhatikan adalah ketersediaan tinta. Selalu pastikan tinta dalam keadaan cukup sebelum mulai mencetak dokumen agar hasil cetakan tidak terlihat memudar.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar