Cara Memilih Printer Yang Bagus 2022

Cara memilih printer yang bagus - Printer yang bagus memiliki beberapa kriteria seperti ketahanan dan masa waktu penggunaan yang panjang jika dibandingkan dengan printer yang lainnya. Hasil cetakan yang dihasilkan pun tentu jauh lebih baik dari sergi warna. Dalam memilih printer yang bagus kita harus mengetahuitrik dan tipsnya. Sebab saat ini printer hadir dengan berbagai merk dan jenis. Sehingga akan mempersulit memilihnya. 

Cara Memilih Printer Yang Bagus
Cara Memilih Printer Yang Bagus


Perbandingan 3 Merk Printer Yang Bagus (Canon, Epson Dan HP)

Printer saat ini memiliki aneka jenis dan merk. Semua jenis printer memiliki kelebihan sendiri-sendiri. Ada printer yang dibuat untuk mencetak foto namun tidak unggul ketika mencetak tulisan hitam putih. Begitu pula sebaliknya.

Terdapat 3 jenis/merk printer yang bagus pada bahasan kali ini, di antaranya.

1. Hasil Cetakannya

Merk printer seperti Canon, HP serta Epson mempunyai hasil cetakan yang tidak sama. Untuk kualitas cetakan yang berwarna seperti foto, printer dengan merk Epson lebih unggul di bandingkan keduanya. Berdasarkan kualitas hasil cetak warna posisi pertama ditempati oleh Epson, kedua Canon dan terakhir adalah HP.

Sedangkan untuk printer dengan hasil cetakan hitam putih yang bagus adalah Canon, kemudian Epson dan HP. 

2. Kecepatannya

Printer dengan merk Canon memiliki keunggulan dari segi kecepatan jika dibandingkan dengan HP serta Epson. Canon memiliki kecepatan 48 ppm, Epson 27 ppm serta HP 12 ppm. 

3. Keawetan

Kriteria printer yang bagus harus memiliki masa guna yang awet dan lama. Antara ketiga printer Canon, Epson dan HP yang paling awet dan tahan lama ialah Epson. 

4. Harga

Sebelum membeli printer yang bagus, kita harus memastikan berapa harganya dan bagaimana spesifikasinya. Hal ini dilakukan untuk menghindari membeli printer yang mengecewakan. Dari ketiga printer yakni Canon, Epson dan HP yang paling mahal dialah Epson. Harga dari merk tersebut memiliki nominal yang lebih tinggi daripada Canon dan HP. 

Tips Memilih Printer Yang Bagus Dan Awet

Umumnya, sebuah printer yang bagus akan dilengkapi dengan fitur-fitur yang berkualitas seperti.

  • Fitur cetak foto berwarna dengan ukuran besar.
  • Dapat mencetak dengan cepat.
  • Adanya fasilitas pemindaian (scanner).
  • Terdapat printer wireless dan printer portable
  • Mini Printer untuk ukuran kertas yang kurang dari A4

Kalian dapat membeli printer dengan tips berikut.

1. Pilih printer yang sesuai dengan kebutuhan kita

Apabila hanya menggunakan printer untuk cetak dokumen word atau excel biasa, dan dalam jumlah yang sedikit, maka pilihlah deskjet dengan cardritge saja. Jenis printer yang demikian lebih awet dan perawatannya mudah. Tetapi jika ingin printer yang multifungsi, tipe laser dengan tinta berwarna dapat dijadikan pilihan. 

2. Beli printer dalam keadaan baru

Printer merupakan salah satu benda yang mudah rusak jika tidak dirawat dengan baik. Jika membelinya dalam keadaan bekas, belum tentu kualitasnya bagus. Printer tidak selalu memiliki harga yang mahal, tergantung spesifikasi dan kemampuannya. Kita bisa mendapatkan printer murah dengan kualitas yang bagus. 

Printer yang bagus dapat kita peroleh dengan mengetahui spefisikasinya. Jika penjual tidak keberatan, kita dapat terlebih dulu menguji printer sebelum membelinya. Hal ini akan membantu kita dalam membeli printer yang berkualitas.

Sekian penjelasan mengenai tips memilih printer yang bagus 2022. Semoga artikel ini bermanfaat.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar