Konfigurasi Telnet pada Switch di Cisco Packet Tracer

Konfigurasi Telnet di Cisco Packet Tracer - Halo, pada kesempatan kali ini kita akan memahas tentang konfigurasi telnet di Cisco. Tapi sebelum ke konfigurasi kita akan terlebih dahulu memberikan gambaran umum tentang Telnet kemudian dilanjutkan dengan mengonfigurasinya pada switch di Packet Tracer. 

1. Apa itu Telnet?

Telnet adalah protokol application layer yang memungkinkan administrator jaringan untuk mengakses dan mengelola perangkat secara jarak jauh.Administrator jaringan dapat mengakses perangkat dengan melakukan telneting ke IP Address atau hostname dari perangkat jarak jauh. Administrator jaringan kemudian akan disajikan dengan terminal virtual yang dapat berinteraksi dengan host jarak jauh.

2. Konfigurasi Telnet pada Switch

1. Buat topologi jaringan di bawah ini di Packet Tracer.

Konfigurasi Telnet Pada Switch di Cisco Packet Tracer
Konfigurasi Telnet Pada Switch di Cisco Packet Tracer

Tetapkan alamat IP statis 10.0.0.10 pada PC.

Topologi diatas terdiri dari PC ADMIN dan remote switch. Kami akan mengonfigurasi Telnet di switch sehingga sebagai admin, Anda dapat mengakses dan mengelola switch dari jarak jauh.

2. Konfigurasi aktifkan kata sandi atau aktifkan kata sandi rahasia di switch. Jika Anda gagal melakukan ini, Anda tidak akan melewati mode eksekutif switch bahkan setelah Anda membuat koneksi telnet ke switch.

Switch>enable 
Switch#config terminal 
Switch(config)#enable password admin

3.Konfigurasikan antarmuka VLAN pada switch

Kami menetapkan alamat IP ke antarmuka VLAN switch sehingga kami dapat Telnet switch dari PC menggunakan alamat ini.

Switch(config)#int VLAN 1
Switch(config-if)#ip address 10.0.0.20   255.0.0.0
Switch(config-if)#no shut
Switch(config-if)#exit

4.Konfigurasikan kata sandi Telnet untuk akses jarak jauh.

Kata sandi ini dikonfigurasi pada jalur VTY. VTY berarti Terminal Virtual. Sebelum Anda dapat mengelola sakelar dari jarak jauh melalui Telnet, Anda harus memberikan kata sandi ini.

Switch(config)#line vty 0 15
Switch(config-line)#password cisco
Switch(config-line)#login

Akses Telnet ke switch diperbolehkan melalui jalur VTY. Kami dapat membuat hingga 16 koneksi telnet ke sakelar secara bersamaan. Itu arti dari '0 15'.

Lanjut,

5. Tes koneksi Telnet

Buka command prompt pada PC dan ketik telnet 10.0.0.20.

Harap Anda ingat bahwa 10.0.0.20 adalah alamat VLAN dari switch yang melaluinya kami dapat mengaksesnya dari jarak jauh.

Uji Telnet di Cisco Packet Tracer
Uji Telnet di Cisco Packet Tracer

6. Sekarang berikan kata sandi Telnet yang Anda atur pada langkah 3. Milik saya adalah cisco. Perhatikan bahwa karakter kata sandi tidak akan muncul (kosong) di layar saat Anda mengetiknya, tetapi cukup ketik, lalu tekan ENTER.

Setelah Anda diautentikasi, Anda akan melihat CLI switch jarak jauh muncul.

Sekarang masukkan kata sandi admin (atau kata sandi Anda yang Anda tetapkan di langkah 1) untuk memasuki mode eksekutif dari switch. Anda kemudian dapat melanjutkan untuk mengonfigurasi switch Anda seperti yang Anda inginkan (tetapi sekarang, dari jarak jauh)

Mudah bukan?

Sekian tutorial telnet pada Switch di Cisco Packet Tracer, apabila ada kesulitan silahkan tinggalkan jejak dikolom komentar ya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar