5 Jenis Virus Pada Komputer yang Perlu Kamu Tahu!

Kamu pasti pernah terganggu dengan adanya pop-up, email spam saat menjelajah Internet. Namun itu semua tidaklah mengganggu jika dibandingkan dengan virus komputer.

Virus yang masuk ke dalam komputer belum tentu merupakan hal terburuk yang dapat terjadi. Virus itu terus ada dan bisa menyebarkan dengan cepat melalui jaringan internet, menginfeksi komputer lain dan bahkan bisa merusak begitu mereka mendapatkan momentum. Setiap informasi sensitif dan rahasia yang kamu simpan dan kirimkan melalui jaringan bisa terkena virus.

Ada banyak sekali jenis virus di dalam komputer. Kamu bisa simak beberapa jenis virus yang ada di dalam komputer di bawah ini yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

5 Jenis Virus pada Komputer

5 Jenis Virus Pada Komputer yang Perlu Kamu Tahu!

Berikut ini beberapa jenis virus pada komputer yang wajib kamu tahu.

1. Macro Virus

Jenis virus pada komputer ini biasanya ditemukan pada program Microsoft Office. File Word dan Excel adalah tempat favorit bagi macro virus untuk menyematkan dirinya di dalam komputer. Seperti kebanyakan virus lainnya kecuali spacefiller, macro virus meningkatkan ukuran file saat menginfeksinya, karena mereka melampirkan kodenya sendiri. Setelah macro virus menginfeksi file kamu, virus tersebut dapat dengan mudah menyebar ke komputer lain ketika file tersebut dibagikan, misalnya melalui email.

2. Boot Sector Virus

Sama seperti pager dan Tamagotchi, virus boot sector adalah virus kecil mengerikan yang besar di tahun 90-an. Virus ini menjadi salah satu jenis virus tertua yang pernah ada. Virus ini langsung menuju inti komputer dan dapat memengaruhi proses startup atau 'boot'. Virus yang ini akan menyebar melalui floppy disk. Saat ini, virus ini melampirkan dirinya ke email atau stik USB. Jika komputer kamu menangkap salah satunya, kamu tentu memerlukan seorang ahli untuk melakukan pemformatan ulang sistem penuh (Windows, Mac).

3. Trojan Horses

Virus yang ini mengambil nama mereka yaitu dari tempat orang Yunani bersembunyi untuk masuk ke dalam kota kuno Troy. Virus ini menjadi salah satu jenis virus komputer yang paling licik. Biasanya digunakan oleh penjahat dunia maya. Trojan horses disamarkan sebagai program biasa, namun menggoda kamu untuk menginstalnya di komputer kamu. Setelah terinstal, virus mendapatkan akses ke file komputer kamu dan dapat dengan mudah menangkap data pribadi termasuk kata sandi dan informasi perbankan online. Hal itu yang kemudian dapat digunakan oleh peretas untuk melakukan pembelian online dengan rekening bank ataupun mengekspos informasi pribadi kamu di internet.

4. Browser Hijacker

Virus ini dapat mengambil alih pencarian internet kamu dan bisa mengarahkan ke halaman yang bahkan tidak ingin kamu kunjungi. Meskipun tidak berbahaya seperti jenis virus lainnya, virus ini ternyata masih merupakan masalah yang mengganggu karena mereka secara signifikan menurunkan UX kamu saat menjelajahi internet. Pastikan untuk selalu pindai lampiran email kamu sebelum membuka dan hindari juga mengunduh file dari situs web yang mencurigakan untuk menghindari pembajakan.

5. Web Scripting Virus

Virus yang terakhir adalah salah satu jenis virus zaman modern. Virus ini merupakan bug kecil yang sangat pintar yang dapat menyatu dengan latar belakang situs web populer yang biasanya terdapat di platform media sosial. Virus tersebut

menyamar sebagai tautan biasa, menggoda kamu untuk mengekliknya. Namun, virus skrip web tidak boleh dianggap enteng karena mereka dapat mengirim spam ke sistem kamu dan dapat dengan mudah merusak data kamu serta dapat menyebar lebih cepat daripada kebanyakan virus lain.

Itulah beberapa jenis virus pada komputer yang perlu kamu tahu. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

2 komentar

  1. bagi template gan
  2. halo gan, bisa di beli di jagoandesain.com yakk