Cara Mudah Menampilkan Hello World di C++

Cara Mudah Menampilkan Hello World dengan C++ - Pada kesempatan kali ini, saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara menampilkan Hello World dengan menggunakan C++. C++ adalah bahasa Pemrograman Berorientasi Objek yang banyak digunakan dan cukup mudah dipahami. Belajar pemrograman C++ dapat disederhanakan menjadi:

  • Menulis program Anda dalam editor teks dan menyimpannya dengan ekstensi yang benar (.CPP, .C, .CP)
  • Kompilasi program Anda menggunakan kompiler atau IDE online
  • Memahami terminologi dasar.

Program "Hello World" adalah langkah pertama untuk mempelajari bahasa pemrograman apa pun dan juga merupakan salah satu program paling sederhana yang akan Anda pelajari. Yang harus Anda lakukan adalah menampilkan pesan “Hello World” di layar. Sekarang mari kita lihat programnya.

Berikut ini adalah source code dari program menampilkan tulisan Hello World enggunakan bahasa C++.


// C++ program untuk menampilkan "Hello World"
#include <iostream>
using namespace std;
int main()
{
	cout << "Hello World";
	
	return 0;
}

Salin code diatas dan tempelkan disini.

Berikut hasil setelah kita "Run".

Menampilkan Hello World di C++
Menampilkan Hello World di C++

Sekarang mari kita pahami setiap baris dan istilah dari program di atas :

1) // Program C++ untuk menampilkan “Hello World”: Baris ini adalah baris komentar. Komentar digunakan untuk menampilkan informasi tambahan tentang program. Komentar tidak mengandung logika pemrograman apa pun. Ketika komentar ditemukan oleh kompiler, kompiler hanya melewatkan baris kode itu. Setiap baris yang dimulai dengan '//' tanpa tanda kutip ATAU di antara /*…*/ dalam C++ adalah komentar.

2) #include: Dalam C++, semua baris yang dimulai dengan tanda pound (#) disebut direktif dan diproses oleh preprocessor yang merupakan program yang dipanggil oleh compiler. Direktif #include memberi tahu kompiler untuk menyertakan file dan #include<iostream>. Ini memberitahu kompiler untuk memasukkan file iostream standar yang berisi deklarasi semua fungsi perpustakaan input/output standar. 

3) using namespace std: Ini digunakan untuk mengimpor keseluruhan namespace std ke dalam namespace program saat ini. Pernyataan menggunakan namespace std umumnya dianggap sebagai praktik yang buruk. Saat kami mengimpor namespace, kami pada dasarnya menarik semua definisi tipe ke dalam cakupan saat ini. Ruang nama std sangat besar. Alternatif untuk pernyataan ini adalah untuk menentukan namespace tempat pengidentifikasi berada menggunakan operator ruang lingkup(::) setiap kali kita mendeklarasikan suatu tipe.

4) int main(): Baris ini digunakan untuk mendeklarasikan fungsi bernama “main” yang mengembalikan data bertipe integer. Fungsi adalah sekelompok pernyataan yang dirancang untuk melakukan tugas tertentu. Eksekusi setiap program C++ dimulai dengan fungsi main(), di mana pun fungsi tersebut berada di dalam program. Jadi, setiap program C++ harus memiliki fungsi main(). 

5) { dan }: Tanda kurung kurawal '{' menunjukkan awal dari fungsi utama dan tanda kurung kurawal '}' menunjukkan akhir dari fungsi utama. Segala sesuatu di antara keduanya terdiri dari tubuh fungsi utama.

6) std::cout<<“Hello World”;: Baris ini memberitahu compiler untuk menampilkan pesan “Hello World” di layar. Baris ini disebut pernyataan dalam C++. Setiap pernyataan dimaksudkan untuk melakukan beberapa tugas. Tanda titik koma ';' digunakan untuk mengakhiri pernyataan. Karakter titik koma di akhir pernyataan digunakan untuk menunjukkan bahwa pernyataan berakhir di sana. The std::cout digunakan untuk mengidentifikasi perangkat output karakter standar yang biasanya layar desktop. Semuanya diikuti oleh karakter "<<" ditampilkan ke perangkat output. 

7) return 0; : Ini juga sebuah pernyataan. Pernyataan ini digunakan untuk mengembalikan nilai dari suatu fungsi dan menunjukkan penyelesaian suatu fungsi. Pernyataan ini pada dasarnya digunakan dalam fungsi untuk mengembalikan hasil operasi yang dilakukan oleh suatu fungsi.

Poin Penting yang Perlu Diperhatikan saat Menulis Program C++ :

  • Selalu sertakan file header yang diperlukan untuk kelancaran pelaksanaan fungsi. Misalnya, <iostream> harus disertakan untuk menggunakan std::cin dan std::cout.
  • Eksekusi kode dimulai dari fungsi main().
  • Ini adalah praktik yang baik untuk menggunakan Indentasi dan komentar dalam program agar mudah dipahami.
  • cout digunakan untuk mencetak pernyataan dan cin digunakan untuk menerima input.

Sekian program menampilkan Hello World di C++ beserta penjelasannya. Semoga artikel ini bermanfaat, Terimakasih.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar