Cara Menggunakan Photoshop Untuk Mengedit Foto

Banyak dari fotografer profesional hingga pemula terdorong untuk mencoba Photoshop. Kamu tidak boleh terintimidasi oleh prospek mengedit di Photoshop hanya dengan beberapa langkah untuk membuat gambar kamu tampak hebat.

Adobe Photoshop menawarkan pengguna yang kemungkinan tidak dibatasi untuk mengedit foto dan membuat grafik. Ada beberapa cara untuk mengedit di Photoshop, yang mana yang kamu pilih akan tergantung pada preferensi. Kami akan membahas metode yang sangat dasar untuk mengedit foto dalam tutorial kali ini.

Cara menggunakan Photoshop

Cara Menggunakan Photoshop Untuk Mengedit Foto

Berikut beberapa tutorial dasar cara menggunakan photoshop.

Langkah 1: Buka gambar kamu di Photoshop

Buka Adobe Photoshop dan buka File di menu di bagian atas layar kamu. Klik Buka untuk melihat browser file dan pilih gambar mana yang ingin kamu edit.

Photoshop bekerja dengan lapisan, jadi ketika kamu membuat penyesuaian seperti kecerahan dan kontras, kamu bisa menambahkan lapisan penyesuaian di atas gambar kamu. Jika kamu memutuskan untuk menghapus lapisan itu nanti, penyesuaian kecerahan dan kontras akan dihapus bersamanya.

Penting juga untuk mengingat urutan lapisan kamu. Jika kamu mengedit foto, gambar itu harus menjadi lapisan pertama. Apa pun di bawah lapisan gambar itu tidak akan terlihat kecuali kamu menghapus sebagian dari gambar kamu (dengan memotong, menggunakan alat Eraser, atau menghapusnya) untuk membiarkan apa yang ada di bawahnya terlihat.

Langkah 2: Pangkas dan luruskan

Pilih alat Pangkas, kemudian, anggap foto itu sebagai kanvas. Hal pertama yang biasanya dilakukan orang adalah dengan membuka gambar di Photoshop dengan menyesuaikan kanvas dengan ukuran dan komposisi yang dibutuhkan. Cukup klik sudut bingkai pangkas dan seret untuk menyesuaikan ukurannya. Bila kamu senang dengan framing baru, kamu dapat menempatkan kursor kamu tepat di luar tepi kotak pembatas Crop Tool sampai kamu melihatnya berubah menjadi panah bengkok dan berujung ganda. Mengklik dan menahan akan memungkinkan kamu memindahkan bingkai untuk memutar dan meluruskan gambar kamu.

Komposisi gambar adalah sesuatu yang diperhitungkan fotografer saat mengambil foto, tetapi kamu juga perlu mengingatnya saat memotong. Ini akan memastikan bahwa elemen yang ingin kamu sertakan tidak terpotong dan juga akan mempertahankan komposisi yang baik.

Meluruskan adalah kunci untuk foto yang bagus. Aturan praktis yang baik adalah selalu menggunakan cakrawala sebagai panduan untuk meluruskan gambar. Jika kamu memiliki garis horizon tertentu yang ingin digunakan, kamu dapat mengklik Luruskan di bagian Opsi. Ini akan memungkinkan kamu menggambar garis tempat gambar akan langsung diputar. Namun, tidak semua foto harus lurus, dan kamu dapat memilih komposisi miring sebagai kebebasan artistik. Bermain-mainlah sedikit untuk melihat apa yang terlihat bagus untuk gambar kamu.

Jika kamu puas dengan pemotongan dan rotasi gambar, klik Tanda centang di bilah Opsi, atau tekan Enter di keyboard untuk menerapkan perubahan.

Langkah 3: Mainkan dengan level kamu

Pilih Level di bawah Adjustments untuk menambahkan lapisan di atas gambar kamu yang memungkinkan kamu bermain dengan level dan membiasakan diri dengan histogram. Level dapat digunakan untuk menyesuaikan eksposur dan membuat foto kamu terlihat lebih cerah atau lebih gelap.

Menyesuaikan Level akan menampilkan histogram foto yang pada dasarnya adalah grafik yang mewakili tingkat cahaya suatu gambar. Sisi kiri histogram melambangkan hitam dan sisi kanan melambangkan putih. Menyesuaikan panah indikator dapat secara dramatis mengubah tingkat gelap dan terang pada foto.

Kedua ujung gelombang pada histogram secara teoritis harus meruncing secara merata sampai rata. Jika kurva tiba-tiba berakhir di satu sisi, itu merupakan indikator bahwa gambarnya mungkin terlalu terang atau kurang terang. Namun, foto yang bagus tidak harus memiliki lekukan yang meruncing di histogramnya. Jika gambar diambil dalam gelap, histogram mungkin terlihat lebih seperti yang ada di kiri bawah.

Ada lebih banyak lagi untuk membaca histogram, tetapi ini adalah tempat untuk memulai bagi pemula Photoshop. Menyesuaikan Level adalah cara yang lebih canggih untuk mengedit foto, tetapi hal ini bis membantu para pemula untuk menjadi terbiasa dengan histogram.

Itulah cara menggunakan Photoshop. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :

Posting Komentar