Cara Membuat dan Memasang Favicon di Blogspot Versi Terbaru

Bagi sesorang blogger pemula sebagian besar masih belum tahu apa itu favicon? Pada artikel kali ini kami akan menjelaskan apa itu favicon dan kegunaannya pada suatu blog atau website. Favicon atau kepanjangan dari favorite icon adalah lambang atau logo berukuran kecil berbentuk jpg atau png yang biasanya terletak di samping sudut kiri atas pada judul situs website atau blog.

Favicon biasanya digunakan orang untuk menandai suatu blog atau website. Biasanya gambar yang menjadi favorit pada sebuah website atau blog tentu adalah logonya. Maka dari itu logo itulah yang akan ditampilkan pada adress bar atau tab browser dari website atau blog tersebut.

Cara Membuat dan Memasang Favicon di Blogspot Versi Terbaru

Fungsi Favicon

Selain dijadikan untuk menandai suatu blog atau website, favicon juga memiliki fungsi lain yakni:

1. Favicon dijadikan sebagai ciri khas suatu website

Bagi kamu yang belum tahu, favicon juga memiliki fungsi lain yakni sebagai ciri khas suatu website. Ketika seseorang membaca artikel disuatu website, tentu orang tersebut akan melihat favicon dari blog yang ia baca, pada saat inilah orang akan mengingat website kita ketika ia melihat favicon yang sudah ia lihat sebelumnya.

2. Menambah visitor

Favicon juga bisa menambah traffic pengunjung dari website kita. Jika pembaca melihat favicon kita bagus dan website kita nyaman untuk dibaca, tentu saja pengunjung akan selalu membaca di website kita meskipun banyak artikel orang lain selain kita yang bisa dikunjungi. Peluang inilah yang bisa membuat website kita banyak visitornya.

3. Menambah daya tarik pengunjung

Semakin bagus favicon yang kita buat tentu saja, pengunjung pasti akan tertarik dengan website kita. Hal ini yang nantinya akan membuat pengunjung akan selalu kembali lagi. Kesempatan inilah yang akan menjadikan pengunjung tetap pada website kita.

Cara Membuat Pavicon

Pertama-tama, siapkan gambar(bisa editan sendiri maupun gambar dari web).Setelah itu, bentuk gambar menjadi persegi. Ukurannya bisa 16 × 16 pixel , 32 × 32 pixel, atau terserah kamu tapi yang penting gambar harus persegi.Ukuran harus dibawah 100kb.

Bagi kamu yang tidak ingin repot mengedit, kamu bisa membuat favicon secara online melaui salah satu laman berikut.

Cara Memasang Favicon di Blogspot

  • Pertama-tama, silahkan masuk ke Blogger.com, kemudian pilih Setelan. 
  • Cari tulisan 'Favicon'.
  • Upload gambar yang sudah kamu siapkan kemudian simpan.
  • Tunggu beberapa detik hingga favicon berubah.

Jika favicon belum muncul itu memang wajar. Kamu tidak perlu khawatir, karena biasanya favicon akan muncul setelah beberapa menit setelah melakukan pengunggahan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara membuat dan memasang Favicon di blogspot versi terbaru. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Baca Juga :

Posting Komentar