Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis dari Router

Pengertian, fungsi, cara kerja, dan jenis router

Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis dari Router
Pengertian, Fungsi, Cara Kerja, dan Jenis dari Router


Pengertian Router 

Router secara mendasar memiliki data tabel lokasi dari alamat internet protocol (IP), yang bisa berkomunikasi dengan router lain untuk mencari jalur terbaik agak sebuah paket internet dapat mencapai kecepatan jaringan tertentu. 

Router didefinisikan sebagai perangkat jaringan internet fisik atau virtual yang dirancang untuk menerima, menganalisis, dan meneruskan paket data antar jaringan komputer. aktivitas dilakukan dengan cara memeriksa alamat IP tujuan dari paket data internet yang diberikan, menggunakan tabel header dan lantas pengalihan dilakukan untuk transfer paket internet kepada perangkat-perangkat yang tersedia.

Router dapat diartikan juga sebagai perangkat yang menghubungkan dua atau lebih jaringan atau sub-jaringan paket data berseling.


Fungsi router :

1. Menghubungkan jaringan
Digunakan untuk menghubungkan beberapa jaringan internet kepada satu atau lebih perangkat. Hal ini dilakukan agar users dapat melakukan pembagian paket data internet antar jaringan.

2. Mentransmisikan informasi
Untuk melakukan transmisi informasi dari suatu jaringan ke jaringan lain. Hal ini dilakukan dengan pola networking bridge atau dengan kata lain menjembatani jaringan internet agar data dari suatu jaringan dapat dipakai oleh jaringan lain. 

3. Menghubungkan jaringan ke DSL
Fungsinya untuk memungkinkan penggunaan router untuk tidak terpaku dalam pemakaian kabel local area network (LAN) dan dapat membagikan jaringan internet secara nirkabel.

4. Packet filtering
Difungsikan untuk menyaring paket data internet yang beroperasi pada suatu jaringan. Dengan cara menggunakan aturan penyaringan untuk filtrasi paket melalui alamat IP, opsi IP, port Transmission Control Protocol (TCP) dan User Datagram Protocol (UDP), serta penggunaan jenis pesan ICMP (Internet Control Message Protocol). 

5. Peripherals and file sharing
Berfungsi untuk memungkinkan setiap user dalam berbagi sumber daya jaringan internet kepada perangkat-perangkat tertentu seperti printer, faximile, scanner, dan berbagai layanan penyimpanan berkas dalam suatu kantor. 


Cara kerja router 

Cara kerjanya yaitu memandu dan mengarahkan jaringan data, dengan menggunakan paket yang berisi berbagai jenis data seperti berkas, komunikasi, dan transmisi sederhana seperti interaksi web. Paket data mengandung beberapa lapisan salah satunya membawa informasi pengenal seperti pengirim, tipe data, ukuran, dan alamat IP tujuan. Router akan  membaca tiap tiap lapisan ini lalu memprioritaskan data ,dan lalu memilih rute terbaik yang akan digunakan untuk setiap transmisi. 

Router secara khusus berkerja sebagai pengontrol lalu lintas jaringan. Router akan memandu pengarahan paket data ke dalam alamat IP yang akan dituju dengan efektif dan efisien untuk tiap tujuan unik dari paket data tersebut. Router juga membaca header paket data untuk menentukan kemana router akan pergi. Router juga berkomunikasi dan konsultasi ke kabel untuk mencari tahu jalur paling efisien ke tujuan tersebut. Router membutuhkan modem baik itu modem kabel, serat (fiber), atau digital subscriber line ( DSL) untuk berkomunikasi.


Jenis-jenis router 

1. Router aplikasi
2. Router hardware
3. Router PC
4. Static router
5. Router dinamis
6. Wireless router


Demikian penjelasan mengenai pengertian, fungsi, cara kerja, dan jenis router. Semoga dapat membantu anda, Terimakasih
Baca Juga :

Posting Komentar