Pengertian, Fungsi, Tingkatan, Pengelompokan, serta Generasi dari Bahasa Pemrograman

 Artikel mengenai pengertian, fungsi, tingkatan, pengelompokan, serta generasi dari bahasa pemrograman 




Bahasa pemrograman biasanya berisi untaian kata berupa intruksi atau perintah yang biasanya terdiri dari banyak baris yang dipahami oleh komputer. Bahasa pemrograman biasanya dipelajari lebih dalam saat kita sudah memasuki jenjang pendidikan perguruan tinggi. Nah, prodi yang lebih mempelajari tentang bahasa pemrograman adalah prodi IT. 


Pengertian bahasa pemrograman

Bahasa pemrograman biasanya disebut juga dangan bahasa komputer atau bahasa pemrograman komputer. Bahasa programan adalah sekumpulan instruksi yang diberikan kepada komputer agar dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu dalam menyelesaikan suatu permasalahan. 

Bahasa ini memungkinkan programmer untuk menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, dan bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, serta jenis langkah apa saja yang akan diambil dalam berbagai situasi secara persis.


Fungsi bahasa pemrograman

Fungsi utama dari bahasa pemrograman yaitu sebagai alat untuk memberikan perintah kepada komputer agar dapat bergerak mengolah kata sesuai dengan apa yang kamu mau. Keluaran dari bahasa pemrograman biasanya dalam bentuk aplikasi ataupun program khusus.


Tingkatan bahasa pemrograman

1. Bahasa Program Tingkat Rendah (Low-Level)

Bahasa program tingkat rendah biasanya berisi instruksi-instruksi yang ditujukan kepada komputer dengan menggunakan kode biner (binary). Kode-kode itu akan langsung diterjemahkan oleh komputer tanpa harus melalui proses kompilasi.


2. Bahasa Program Tingkat Menengah (Mid-Level)

Bahasa program tingkat menengah yaitu instruksi yang berupa kode mnemonic seperti ADD, SUB, DIV, STOLOD, JMP dan lainnya. Akan tetapi, bahasa dalam tingkat menengah ini harus diterjemahkan terlebih dahulu ke dalam bahasa mesin, karena komputer hanya mengerti penggunaan bahasa mesin.

3. Bahasa Program Tingkat Tinggi (High-Level)


Bahasa program tingkat tinggi yaitu bahasa pemrograman yang berisiakan  instruksi-instruksi yang menggunakan bahasa alamiah yang dimengerti manusia, seperti bahasa Inggris atau matematika. Tingkatan ini diciptakan, agar dapat mengatasi kekurangan yang dimiliki tingkat menengah dan tingkat rendah.


Pengelompokkan Bahasa Program

1. Object Oriented Language, seperti Visual C, Delphi, dan Visual dBase.

2. Low Level Language, seperti Bahasa Assembly

3. Middle Level Language, seperti Bahasa C.

4. High Level Language, seperti Basic dan Pascal.


Generasi bahasa pemrograman

Generasi Pertama, 

Yaitu bahasa pemrograman yang pertama kali dibuat pada tahun 1940-an dan awal 1950-an yang bernama Machine Language atau Bahasa Mesin. Bahasa mesin adalah program internal komputer yang dapat melakukan perintah secara langsung tanpa terjemahan.

Generasi Kedua,

Di generasi ini, komputer sudah digunakan secara komersial dan menghasilkan Bahasa Assembly yang merupakan penerus dari generasi pertama. 

Generasi Ketiga,

Penggunaan bahasa mesin dan bahasa assembly yang terlalu sulit, maka lahirlah third-generation languages (3GLs) yang dianggap lebih mudah untuk program dan portable. Bahasa program ini juga disebut sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi (High Level Programing language) karena mudah dipelajari dan terdapat proses penerjemahan oleh komputer yang cukup rumit. 

Generasi Keempat,

Bahasa program di generasi keempat ini juga mudah dimengerti dan dipelajari serta cocok untuk mengakses database. Bahasa program ini berfokus untuk memaksimalkan produktivitas manusia dan tersedia juga didalamnya software paket yang berguna untuk mengembangkan aplikasi yang diinginkan. 

Generasi Kelima,

Bahasa program ini berupa Programing Language Based Object Oriented dan Web Development. Sering digunakan untuk mengakses database serta membuat sistem pakar (expert system) atau knowledge-based system.


Demikian penjelasan menganai apa itu bahasa pemrograman, fungsi, tingkatan, pengelompokan, serta generasi dari bahasa pemrograman sendiri. Semoga dapat membantu, Terimakasih.

Baca Juga :

Posting Komentar