8 Jenis Virus Berbahaya Bagi Komputer

Virus Berbahaya Bagi Komputer
Virus Berbahaya Bagi Komputer

Hello guys, pernah ga laptop atau komputer kalian terkena virus ? Terus apa yang kalian lakukan untuk mengatasinya ?. Simak penjelasan berikut mengenai berbagai jenis virus berbahaya dan cara mengatasinya.

Virus merupakan program komputer yang menyalin dirinya sendiri, lalu menyisipkan salinan dirinya ke dalam program atau dokumen lain pada sistem. Hal ini lah yang menyebabkan rusaknya sistem pada komputer..Virus biasanya tersebar dengan cara pertukaran file menggunakan flashdisk.

Berikut ini adalah jenis-jenis virus dan cara mengatasinya,

1. Worm

Pada pembahasan yang pertama kita akan membahas tentang virus Worm. Worm merupakan sebuah program komputer yang dapat menggandakan dirinya secara sendiri dalam sistem komputer, dan dapat menggandakan dirinya. Biasanya virus ini menyerang komputer yang terhubung dengan internet dan mempunyai email. Cara mengatasinya dengan cara, rajin melakukan scanning komputer dengan program Antivirus Avast.

2. Trojan

Trojan merupakan keamanan komputer merujuk kepada sebuah perangkat lunak berbahaya yang dapat merusak sebuah sistem atau jaringan. Tujuan dari virus Trojan adalah untuk memperoleh informasi dari target dan mengendalikannya. Untuk mengatasi virus jenis ini, bisa menggunakan software yang bernama Trojan Remover.

3. FAT virus

FAT Virus adalah virus yang tersembunyi di tempat penyimpanan data pribadi yang mampu merusak file pada penyimpanan tertentu. Jika ada file yang terkena virus ini, maka biasanya file akan disembunyikan oleh virus sehingga seolah-olah file tersebut menghilang atau terhapus. Maka jika suatu saat file teman-teman terhapus atau tiba tiba hilang bisa jadi FAT virus adalah penyebabnya. Cara mengatasinya dengan menginstal aplikasi antivirus.

4. Memory resident virus

virus ini merupakan salah satu dari virus yang diciptakan untuk menginfeksi memori RAM komputer anda. Efek yang ditimbulkan dari virus ini akan menyebabkan kinerja komputer sangat lambat dan bisa menginfeksi program-program komputer. Virus ini akan otomatis aktif, jika komputer dinyalakan. Cara mengatasinya teman-teman bisa menginstal aplikasi antivirus seperti, Smadav atau Avast pada komputer.

5. Macro virus

Macro virus merupakan virus yang tertanam diaplikasi perangkat lunak. Virus ini biasanya menyerang file yang bersifat pps, xls, docm. Virus ini biasanya didatangkan oleh email. Cara mengatasinya yaitu jangan mudah membuka link yang dikirimkan oleh orang asing melalui email. Dan pastikan teman-teman rajin melakukan scan komputer dengan aplikasi antivirus.

6.  Multipartite virus

Merupakan virus yang bergerak cepat yang menggunakan infectors file atau boot infectors untuk menyerang sektor boot dan file yang dapat dieksekusi secara bersamaan. Biasanya menyerang sistem operasi pada program tertentu pada komputer temen-temen dan bersembunyi di dalam RAM. Efek dari virus ini yaitu mengganggu kinerja RAM dan hard disk komputer teman-teman. Dan juga menyebabkan beberapa aplikasi tidak bisa dibuka. Cara mengatasinya yaitu dengan menginstal aplikasi defrag hard disk dan scan komputer dengan antivirus secara teratur.

7. Backdoor virus

Merupakan portal rahasia yang digunakan oleh hacker dan badan intelijen agar bisa  mendapatkan akses gelap ke sebuah software, website, atau sistem komputer. Virus ini berbentuk file atau program yang terlihat biasa saja. Backdoor berfungsi untuk programmer agar dapat masuk ke program yang sedang dikembangkan ketika mengalami crash. Tetapi, karena perkembangan dunia IT yang begitu pesat, Backdoor dijadikan celah bagi hacker untuk mengambil akses secara ilegal.

Cara mengatasinya yaitu dengan strategi keamanan multi-layer yang mencakup software firewall, anti-malware, pemantauan jaringan, intrusion detection system, serta perlindungan data merupakan rangkaian pencegahan backdoor yang bisa dilakukan.

8. Rogue virus

Ialah program yang meniru program antivirus dan dapat menampilkan aktivitas layaknya antivirus normal, serta memberikan peringatan-peringatan palsu tentang adanya virus. Tujuan dari virus ini adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut.

Cara pencegahan dari virus ini adalah dengan menginstal dan menggunakan firewall datau anti-malware, serta waspada saat mengklik tautan atau lampiran dalam pesan email.

Demikian penjelasan mengenai beberapa virus dan cara mengatasinya, semoga dapat mengatasi permasalah teman-teman. Terimakasih

Baca Juga :

Posting Komentar