4 Cara Mencegah Virus Pada Komputer yang Mudah

Virus komputer adalah jenis malware dengan fitur yang dapat dibedakan dan diperlukan untuk menginfeksi file dan program lain agar dapat beroperasi, dan virus tersebut bisa melakukannya dengan memiliki kemampuan untuk menyalin dirinya sendiri.

Virus pada komputer biasanya ditularkan melalui jaringan internal, internet atau drive USB. Hal ini yang membuat virus pada komputer sangat sulit untuk dihapus.

Malware adalah pemrograman yang dimaksudkan untuk mengganggu atau menolak operasi, mengumpulkan informasi ataupun mendapatkan akses ke sumber daya sistem. Malware sendiri dapat mencakup semua jenis perangkat lunak berbahaya. Selain virus komputer, ada juga worm, trojan, ransomware, spyware, dan masih banyak lagi. Oleh sebab itu, sekarang ini banyak program anti-virus yang tidak memiliki kemampuan untuk mendeteksi dan menghapus semua malware.

Cara mencegah virus pada komputer bisa kamu atasi dengan menerapkan praktik terbaik keamanan siber yang juga dapat memastikan komputer kamu terlindungi dengan baik dari jenis malware lainnya. Untuk mengatasi hal itu, berikut kami telah menyiapkan 4 tips tentang cara mencegah virus pada komputer yang mudah.

4 Cara Mencegah Virus Pada Komputer yang Mudah

4 Cara Mencegah Virus Pada Komputer yang Mudah

Berikut ini beberapa tips cara mencegah virus pada komputer yang telah dirangkum dari beberapa sumber.

1. Perbarui komputer kamu

Semua sistem operasi di komputer sering mendapatkan pembaruan yang dapat meningkatkan fitur tetapi juga menyertakan patch keamanan yang akan mengisi lubang keamanan sebelum penjahat cyber melakukannya.

Meskipun kami tahu bahwa pembaruan sedikit menyusahkan, namun hal ini jauh lebih nyaman daripada mendapatkan virus di komputer kamu. Kamu harus mengaktifkan pembaruan otomatis di komputer kamu selain menjalankan pembaruan untuk program seperti Adobe dan juga Java. Sebelum kamu mengizinkan pembaruan apa pun, pastikan kamu menggunakan koneksi yang aman.

2. Cadangkan komputer kamu

Seperti yang telah disebutkan di atas, beberapa virus komputer terus datang kembali dan tidak mungkin bisa dihapus dari komputer. Ketika hal itu terjadi, mungkin akan ada beberapa penghapusan data kamu sendiri yang terlibat.

Penghapusan virus akan membuat kerusakan pada sistem operasi. Pada saat itu, kamu mungkin perlu melakukan penginstalan ulang sistem operasi. Hal itu seharusnya tidak menjadi masalah jika kamu memiliki strategi cadangan. Tanpa melakukan pencadangan, kamu tidak akan bisa untuk memulihkan data yang hilang.

Dengan data yang didukung, proses penghapusan virus akan jauh lebih cepat dan lebih terjangkau. Kamu bisa mencadangkan data kamu dulu menggunakan aplikasi seperti Google Drive yang kini sudah tersedia.

3. Hindari mengunjungi situs web yang mencurigakan

Sekarang ini ada lebih dari satu triliun halaman web yang online. Sementara banyak sekali standar yang telah keluar yang dapat memastikan kamu adalah orang yang paling tidak diberitahu bahwa kamu akan memasuki situs web yang tidak aman dan berpotensi berbahaya.

Ada banyak penjahat cyber yang kini telah menemukan cara untuk mengelabui standar tersebut dan masih muncul sebagai situs yang sah. Terkadang kita tidak mungkin untuk langsung melihat apakah situs web tersebut mengnampilkan konten berbahaya. Nah untuk itu, pastikan untuk memperhatikan URL situs web serta periksa juga sumber resmi apakah situs web itu asli dan seperti apa tampilannya. Icon kunci di sebelah URL adalah salah satu tanda pertama bahwa kamu mungkin berada di situs web yang berpotensi berbahaya.

4. Gunakan pemindai malware

Anti-virus memang penting dan kamu harus melakukannya untuk menangkal virus pada komputer. Masih ada kemungkinan virus lolos dari celah yang diunduh ke komputer kamu. Hal tersebut sering terjadi dan dapat mengintai di jaringan kamu.

Untuk memastikan virus tidak mendapatkan kesempatan untuk menyebar lebih jauh melalui jaringan kamu dan untuk meminimalkan kerusakan, pemindaian malware mingguan sangat perlu kamu terapkan. Banyak dari program ini yang mudah, terjangkau, dan bahkan gratis yang dapat kamu gunakan.

Itulah 4 cara mencegah virus pada komputer yang mudah. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Posting Komentar