Jenis-jenis jaringan komputer

Apa itu jaringan komputer?



Sebelum masuk ke topik kita bahas dulu apa itu jaringan komputer. Jaringan komputer adalah kumpulan komputer-komputer yang saling berhubungan dan saling berinteraksi satu dengan komputer lainnya. Perangkat jaringan ini menggunakan sistem aturan, yang disebut sebagai protokol komunikasi, untuk mentransmisikan informasi melalui teknologi fisik atau nirkabel, sehingga proses pengiriman data lebih cepat dengan melewati beberapa jalur transmisi yang terpisah.


Lantas apa saja jenis jaringan komputer itu sendiri ? Simak penjelasan mendetail berikut ini,


1. LAN

LAN adalah singakatan dari Local Area Network yang merupakan sebuah jaringan yang menghubungkan perangkat dalam jarak yang biasanya berdekatan dan menggunakan kabel sebagai saluran utamanya yang cakupannya wilayah lokal saja. Jaringan ini biasanya digunakan dalam satu rumah atau komputer yang masih dalam satu atap.


2. MAN

Metropolitan Area Network atau MAN, seperti namanya jaringan ini digunakan untuk menghubungkan berbagai komputer atau perangkat dalam area sebuah kota. Yang biasanya menghubungkan lokasi seperti kampus, perkantoran dll.


3. WAN

Wide Area Network atau WAN merupakans jaringan komputer yang dapat menghubungkan beberapa perangkat, komputer, atau berbagai macam tipe jaringan lainnya (seperti LAN dan WLAN), dalam jarak jangkauan yang lumayan jauh, bahkan bisa antar negara. Jaringan komputer ini membutuhkan router atau saluran komunikasi publik.
Dengan ini, data di dalam komputer yang terletak di Indonesia, dapat dengan mudah ditransfer dengan mudah dan cepat ke komputer di negara lainnya.


4. PAN

Personal Area Network atau PAN adalah jenis jaringan komputer yang biasanya menghubungkan berbagai perlengkapan elektronik milik pribadi yang dikelola oleh orang itu sendiri.
Salah satu contohnya adalah menghubungkan perangkat elektronik seperti, printer ke komputer atau menghubungkan komputer dengan speaker bluetooth.


5. WLAN

Wireless Local Area Network (WLAN) adalah jaringan komputer yang tidak tidak memerlukan kabel untuk menghubungkan banyak perangkat.
Melalui teknologi wireless seperti WiFi, WLAN dapat digunakan untuk menyambungkan komputer, server, printer, dan lain sebagainya dalam sebuah jangkauan kecil.


6. CAN

Corporate Area Network (CAN) hampir mirip dengan MAN yaitu jaringan yang menghubungkan aneka perangkat dan komputer dalam sebuah instansi pendidikan seperti sekolah, kampus, universitas, institut, dan lain sebagainya. Yang juga bisa menghubungkan berbagai perangkat dalam satu bangunan yang memiliki banyak ruang.


7. Area Network (SAN)

Area Network (SAN) adalah sebuah jaringan yang menghubungkan komputer dengan sejumlah media penyimpanan (storage) perangkat yang berkemampuan tinggi dalam sebuah server.
Sebuah perangkat bisa mengakses jaringan SAN ini, SAN juga bisa mengambil data yang ada di dalamnya jika mereka terhubung dengan server yang menjadi jembatan untuk media penyimpanan tersebut.


8. POLAN

Jaringan POLAN (Passive Optical Local Area Network) dipakai sebagai alternatif jaringan LAN. Namun, POLAN memanfaatkan kabel fiber optik untuk melancarkan proses transmisi antar perangkat.
Kabel fiber optik yang digunakan sendiri dikenal memiliki performa yang cukup cepat untuk mentransmisikan data dari suatu perangkat ke perangkat lainnya.


9. EPN

Enterprise Private Network (EPN) jaringan ini biasanya digunakan untuk menyambungkan berbagai perangkat, storage, komputer, dan lain sebagainya dalam satu perusahaan besar seperti kantor-kantor suatu perusahaan dalam area yang berbeda. Kegunaan EPN juga dapat menyimpan berbagai data krusial seperti data pribadi pengguna.


10. VPN

Virtual Private Network (VPN) adalah suatu jaringan yang bisa digunakan untuk membuat kegiatan internet pengguna menjadi lebih aman dan tak bisa dilacak, dan memungkinkan pengguna unntuk mengirim dan menerima data di jaringan bersama atau publik seolah olah perangkat komputasi mereka terhubung langsung ke jaringan pribadi.

Baca Juga :

2 komentar

  1. Bang bahas jaringan 5G, 4G, LTE dong bang
  2. siap bang