Jenis Bahasa Pemrograman Web yang Sering Dipakai Developer

Ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman web yang sering dipakai developer, diantaranya seperti HTML, PHP, dan jenis bahasa pemrograman Javascript.

Teknologi semakin hari semakin berkembang. Ini dibuktikan dengan banyaknya perangkat elektronik yang hadir. Dengan hadirnya teknologi yang canggih membuat banyak sekali orang yang sekarang tertarik untuk mulai mendalami dan mempelajari ilmu komputer. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Salah satu materi yang perlu dipelajari ketika belajar ilmu komputer adalah mengetahui jenis bahasa pemrograman.

Ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang biasanya digunakan developer untuk membuat sebuah software atau aplikasi. Untuk membuat aplikasi tertentu diperlukan bahasa pemrograman yang sesuai. Namun pada artikel kali ini, tutorialkomputer.net akan memberikan informasi tentang jenis bahasa pemrograman web yang paling banyak dipakai developer. 

Lantas, apa saja jenis bahasa pemrograman web yang paling banyak dipakai developer? Simak ulasannya di bawah ini.

Jenis Bahasa Pemrograman Web yang Sering Dipakai Developer

Jenis Bahasa Pemrograman Web yang Paling Banyak Dipakai

Dulu bahasa pemrograman yang terkenal adalah C dan Java. Karena teknologi semakin maju, kedua bahasa itu berkembang hingga menciptakan bahasa baru. Ada beberapa bahasa pemrograman yang berkembang sekarang dan sering dipakai developer. Apa saja jenis bahasa pemrogramannya? Berikut informasinya yang telah kami rangkum dari berbagai sumber.

1. HTML

Jenis bahasa pemrograman web yang sering dipakai developer yang pertama adalah HTML. Jenis bahasa pemrograman ini sering kita jumpai ketika sedang membuat website. Hal ini karena, kebanyakan website sekarang memang menggunakan kode HTML.

Penggunaan bahasa pemrograman ini cukup besar di Blogspot. Generasi dari HTML terbaru yaitu HTML5 yang sekarang mulai banyak dipakai orang.

2. PHP

Sama halnya seperti HTML, PHP juga jenis bahasa pemrograman yang sering digunakan orang untuk membuat sebuah website. PHP sendiri adalah bahasa yang lebih modern dari HTML. Kode pemrograman ini juga sudah menggunakan kode perintah yang lebih manusiawi.

Jenis bahasa pemrograman ini cukup populer di kalangan pengembang website. Selain bahasanya mudah dipahami, bahasa pemrograman ini juga bisa dipakai secara gratis. Secara visual, website yang menggunakan bahasa pemrograman ini lebih dinamis serta navigasi websitenya juga mudah.

3. Javascript

Javascript adalah jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai developer untuk mengembangkan sebuah situs website. Bahasa pemrograman ini memiliki keunggulan yaitu bisa membuat tampilan website jadi lebih menarik. Meskipun kalah dengan HTML dan PHP, tapi nyatanya Javascript masih banyak dipakai orang.

Itu saja informasi tentang jenis bahasa pemrograman web yang paling banyak dipakai developer. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Posting Komentar