Jenis Bahasa Pemrograman untuk Membuat Game

Jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk membuat game diantaranya adalah C++, C#, Java, Swift, dan masih banyak lagi.

Apa itu pemrograman? Menurut Wikipedia, pemrograman adalah proses menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun suatu program komputer. Untuk melakukan pemrograman, diperlukan keterampilan logika yang tinggi. Jadi tidak sembarangan orang bisa melakukan pemrograman.

Tujuan pemrograman sendiri yaitu untuk memuat suatu program yang dapat melakukan suatu perhitungan atau 'pekerjaan' yang diinginkan Si pemrogram. Salah satu contoh hasil dari pemrograman yaitu game. Game dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yang beragam. Tergantung game apa yang akan dibuat.

Ada banyak sekali jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai developer game seperti C++ dan C#. Selain kedua bahasa tersebut, apa saja sih jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk membuat game? Berikut informasinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

Jenis Bahasa Pemrograman yang Sering Dipakai untuk Membuat Game

Jenis Bahasa Pemrograman yang Sering Dipakai untuk Membuat Game

Seperti yang kita ketahui, game dibuat menggunakan bahasa pemrograman. Setiap bahasa pemrograman memiliki fungsi serta tujuan tersendiri. Nah, berikut jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai developer untuk membuat sebuah game.

1. C++

Jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk membuat game yang pertama yaitu C++. Jenis bahasa pemrograman ini merupakan pengembangan dari bahasa pemrograman C.  Bahasa ini bisa digunakan untuk membuat game atau aplikasi yang perlu mengakses hardware seperti di perangkat IoT (Internet of Things) dan embedded system.

2. C#

C# atau sering dibaca C sharp merupakan jenis bahasa pemrograman yang senderhana dan bisa digunakan untuk tujuan umum. Bahasa pemrograman ini bisa kamu gunakan untuk membuat game, server-side pada wibsite, hingga membuat aplikasi desktop ataupun mobile.

3. Java

Jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk membuat game selanjutnya adalah Java. Java adalah jenis pemrograman dasar dalam pembuatan aplikasi. Jenis pemrograman ini juga bisa dijalankan di perangkat komputer ataupun Android. 

Bahasa pemrograman Java bisa kamu gunakan untuk membuat game ataupun aplikasi untuk perangkat lunak. Bahasa pemrograman ini juga cukup populer dan sering dipakai developer.

Selain bahasa pemrograman di atas, masih ada banyak lagi bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk membuat game, seperti Swift, Kotlin, dan OBJ-C. Itulah informasi tentang jenis bahasa pemrograman yang sering dipakai untuk membuat game. Semoga bermanfaat.

Baca Juga :

Posting Komentar