Apa itu jaringan komputer LAN

 Pengertian, tujuan, fungsi, serta kompenen jaringan komputer LAN 

Zaman yang terus berkembang dengan pesat pasti akan memunculkan hal-hal yang baru, contohnya yaitu teknologi modern yang semakin canggih, terutama teknologi di bidang komunikasi dan informasi. 














Begitupun dengan jaringan komputer, jaringan komputer terdiri dari beberapa jaringan. Salah satunya adalah jaringan komputer LAN. Agar lebih paham mengenai jaringan LAN, simak penjelasan berikut ini,

Apasih itu jaringan komputer LAN?

jaringan LAN ini adalah jaringan paling dasar dalam jaringan komputer. LAN sendiri merupakan singkatan Local Area Network yang merupakan suatu jaringan komputer di wilayah lokal saja cakupannya. Maksudnya jaringan ini berarti hanya bisa digunakan oleh pengguna di area LAN saja. LAN juga menghubungkan perangkat ke jaringan internet melalui perangkat jaringan yang sederhana.

Tujuan jaringan LAN

Nah, setelah pengertian kita lanjut bahas ke tujuan dari jaringan LAN tersebut. Ada beberapa tujuan dari jaringan LAN antara lain,

1. Mempercepat proses berbagi data.
2. Memungkinkan dilakukannya komunikasi antar perangkat komputer dengan perangkat lain.
3. Menghubungkan beberapa komputer dalam jangkauan kecil.

Fungsi jaringan LAN

Setelah mengetahui beberapa tujuan dari jaringan LAN. Kita juga harus mengetahui beberapa fungsi dari jaringan LAN itu sendiri. Nah ini adalah beberapa fungsi dari jaringan LAN,

1. Menghubungkan dua komputer atau lebih

 Dua komputer ini bisa dihubungkan langsung dengan kabel UPT, atau jika kita ingin menggabungkan lebih banyak komputer, kita perlu membutuhkan perangkat lain contohnya seperti Switch atau juga Hub.

2. Jaringan LAN untuk memindahkan file dari satu komputer ke komputer lain

Memindahkan file tidak perlu memasang mencopot flashdisk, kita hanya menggunakan fitur sharing yang telah tersedia pada komputer kita. 

3. Adanya Sharing Printer

Selain berbagi data dan memindah file dengan mudah, jaringan LAN bisa juga kita gunakan untuk berbagi printer. Hal ini akan memudahkan seluruh pengguna serta menghemat pengeluaran biaya penggunaannya dan tentunya lebih praktis.

4. LAN Chatting

Fungsi ini juga dapat kita gunakan, yaitu dipakai untuk mengirimkan pesan antar komputer dalam jangkauan/area LAN. Kegiatan pengiriman pesan itu bisa dilakukan tanpa koneksi internet. 

5. Remote komputer

Dalam suatu jaringan LAN, kita dapat melakukan remote tanpa harus terlebih dulu terkoneksi ke jaringan internet, hal ini akan lebih memudahkan kita dalam mengontrol komputer di dalam jaringan LAN.

Kompenen jaringan LAN

Jaringan LAN juga mempunyai komponen dasar yaitu,

1. Workstation, yang merupakan host pada sistem suatu komputer.
2. Server, merupakan hardware/perangkat keras komputer yang melayani jaringan dan workstation yang terkoneksi dengan suatu jaringan komputer.
3. Link, bagian dari jaringan yang menghubungkan peralatan
4. Network Interface Card, berguna untuk menangani network protocol. 
5. Network Software, bagian ini berguna untukb erperan dalam menjalankan jaringan LAN agar berfungsi sebagaimana mestinya.

Demikian artikel tentang jaringan komputer LAN. Semoga bermanfaat dan dapat membantu teman temen. 


Baca Juga :

Posting Komentar