Tutorial Mudah Membuat Logo Instagram di Photoshop

Membuat Logo Instagram di Photoshop - Salah satu aplikasi yang dimiliki oleh Mark Zuckerberg selain facebook adalah instagram. Saat ini instagram telah mendapat 1 milyar lebih unduhan di Playstore. Instagram sendiri merupakan aplikasi media sosial yang populer di indonesia, setiap publik figur pasti memiliki akun di instaagram. Selain untuk upload kegiatan sehari-hari, instagram juga bisa digunakan untuk mengupload brand produk suatu perusahaan. 

Cara Membuat Logo Instagram di Photoshop
Cara Membuat Logo Instagram di Photoshop

Pada kesempatan kali ini saya akan membuat logo Instagram dengan menggunakan aplikasi photoshop. Tapi sebelum itu, seperti biasa kita ketahui terlebih dahulu sejarah logo instagram.

Sejarah Logo Instagram

Instagram dulu identik dengan icon kameranya yang berwarna cokelat tua. Saat ini instagram telah merubah wujudnya menjadi simpel dan berwarna warni. Pemilihan logo instagram yang terakhir ternyata mengandung banyak makna. Warna warni pada logo instagram sengaja dipilih sebagai tanda perwakilan dari beragam kehidupan masyarakat yang kerap kali tercermin dari foto-foto yang di update melalui aplikasi ini. “Color has always been a huge part of Instagram — you see it in the classic app icon, filters, and the community’s photos and videos,” Ian Spalter, selaku Head of Design at Instagram.

Setelah mengetahui sejarah singkat logo instagram, sekarang kita lanjut ke proses pembuatannya.

Langkah Pembuatan Logo TikTok di Photoshop

Silahkan siapkan alat dan bahan terlebih dahulu.

Alat dan Bahan :

- Photoshop

Photoshop yang saya gunakan untuk membuat logo facebook merupakan Photoshop CS5. Kalian bisa menggunakan Photoshop versi dibawahnya maupun diatasnya. 

- Font Blue Vinyl Regular

Jenis font yang digunakan adalah Blue Vinyl Regular. Kalian bisa mengunduh font ini di Dafontfree.io

- Warna

Warna yang akan saya gunakan adalah warna warni seperti yang sudah disebutkan oleh Ian Spalter selaku Head of Design at Instagram. Walaupun warna warni, warna yang saya gunakan menyesuaikan pada warna icon instagram dimana ada warna Biru, Ungu, Oren dan Kuning.

Baca juga : Cara Membuat Logo Terbaru Google di Photoshop

Langkah - Langkah :

1. Buka Aplikasi Photoshop.

2. Langkah pertama adalah membuat lembar baru. Pilih File - New - masukkan ukuran 600px 400px lalu pilih OK.

Membuat lembar baru


3. Silahkan instal terebih dahulu font Blue Vinyl Regular yang sudah diunduh di Dafontfree.io.

Baca Juga : Cara Membuat Logo Twitter di Photoshop

4. Tulis "Instagram" di lembar yang sudah dibuat menggunakan Font Blue Vinyl Regular. Untuk warna bebas dulu, boleh gelap maupun terang. Saya memilih hitam.

Membuat tulisan "Instagram"


5. Langkah selanjutnya kita siapkan warna yang akan digunakan untuk mewarnai tulisan "Instagram". Pilih Gradient ToolGradient Picker - Spectrum.

Pilih Spectrum
Pilih Spectrum

6. Pada spectrum yang sudah dipilih. klik Gradient Editor. Sesuaikan warnanya seperti gambar dibawah ini. Setelah itu OK.

Mengatur warna yang akan digunakan

7. Buat Layer Baru. Ganti nama layer dengan nama Spectrum. Pada Spectrum, tarik pointer dari pojok kiri ke kanan. Hasilnya akan seperti dibawah ini.

Tarik pointer dari kiri ke kanan pada layer baru
Tarik pointer dari kiri ke kanan pada layer baru

6. Taruh layer baru yang tadi sudah diberi warna spectrum di atas tulisan Instagram seperti ini.

Taruh layer spectrum di atas layer tulisan Instahgram
Taruh layer spectrum di atas layer tulisan Instahgram


7. Klik kanan pada layer spectrum dan pilih Create Clipping Mask.

Pilih Create Clipping Mask
Pilih Create Clipping Mask

8. Hasil akhir untuk logo Instagram adalah seperti dibawah ini.


Sekian tutorial cara memuat logo instagram menggunakan aplikasi Photoshop. Untuk melihat tutorial lainnya tentang cara membuat logo silahkan bisa ke Tutorial Desain Grafis. Sampai jumpa lagi di tutorial selanjutnya.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar