Tipe - Tipe Power Supply Pada Komputer

Entah apapun jenis komputer yang kamu miliki, baik komputer dekstop maupun laptop. Komputer perlu diberi daya entah bagaimanapun caranya agar dapat menyala. Karena didalam komputer penuh dengan berbagai jenis sirkuit elektronik, beberapa di antaranya beroperasi pada tegangan yang berbeda, koneksi sederhana ke stopkontak tidak akan cukup. Untuk mengubah listrik yang berasal dari dinding menjadi sesuatu yang dapat digunakan komputer, sistem memerlukan perangkat power supply. Sejak akhir 1990-an, hampir semua komputer desktop modern menggunakan power supply multi-voltase ATX untuk menyediakan arus ke komponen internal.

Tipe - Tipe Power Supply Pada Komputer
Tipe - Tipe Power Supply Pada Komputer

Berikut tipe-tipe dari power supply.

Power Supply Desktop

Power supply mengubah listrik Arus Bolak-balik (AC) yang berasal dari stopkontak menjadi empat jenis tegangan yang biasa digunakan untuk komputer, semua daya Arus Langsung (DC): - 5 volt, +5 volt, +12 volt, dan -12 volt. Selain memasok kebutuhan daya komputer, power supply komputer desktop juga menyediakan pendinginan yang sangat dibutuhkan dengan kipas power supplynya. Beberapa komputer (seperti PC server, PC gaming, dan PC kelas atas) memiliki banyak power supply dengan banyak kipas. Ini menjawab dua kebutuhan: peningkatan kebutuhan daya karena komponen berkecepatan tinggi atau beban kerja tinggi, dan peningkatan kapasitas pendinginan, karena komponen berkecepatan tinggi dan beban kerja tinggi menghasilkan banyak panas.

Power Supply Laptop

Power supply laptop sedikit berbeda dengan yang digunakan di komputer desktop. Pekerjaan mengubah daya listrik dari stopkontak menjadi sesuatu yang dapat digunakan laptop dibagi antara dua komponen: adaptor daya eksternal dan power supply internal. Adaptor daya laptop mengubah listrik dari stopkontak menjadi sesuatu yang dapat digunakan oleh power supply internal. Biasanya ini adalah tegangan DC yang lebih tinggi daripada yang disediakan oleh power supply desktop. Adaptor mengubah daya yang didapatkan di stopkontak dan mengubahnya menjadi tegangan lain, seringkali antara 10 dan 18 volt DC. Dari sana, power supply internal selanjutnya mengubah tegangan agar sesuai dengan kebutuhan komputer.

Mode Hemat Daya

Dengan kemajuan dalam perangkat lunak dan sistem operasi, mode daya komputer juga maju. Misalnya, hampir semua komputer modern mendukung mode "Hemat Daya" atau "Tidur". Mode ini memungkinkan untuk mematikan komputer dengan perangkat lunak daripada menggunakan tombol daya.

Power Supply ATX

Fitur seperti "Mode Hemat Daya" dan "Mode Tidur" dimungkinkan oleh power supply ATX dan motherboard yang kompatibel. Ketika digabungkan dengan power supply yang kompatibel, motherboard ATX mendukung mode hemat energi yang memungkinkan penulisan sementara atau penyimpanan data sementara komputer dalam "Hypernation" atau "Sleep Mode".

Tegangan yang Didukung ATX

Power supply ATX mendukung enam pengaturan tegangan, yang meliputi +5 volt, -5 volt, +12 volt, -12 volt +5 volt standby, dan +3,3 volt. Berbagai voltase yang didukung ini memberi produsen fleksibilitas yang dibutuhkan untuk membuat periferal dan komponen tambahan dengan kebutuhan arus yang bervariasi.



Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar