Seberapa Cepatkan 5G?

Sekarang, kita semua mendengar tentang jaringan seluler generasi ke-5. Ada yang bilang jelek, ada yang mendukung. Tapi mari kita tidak membahasnya untuk saat ini. Mari kita fokus pada seberapa cepat generasi berikutnya dari jaringan seluler. Sementara 4G sudah memberikan kecepatan lebih dari cukup untuk hampir semua hal yang dapat kita lakukan secara online, bagaimana peningkatan lebih lanjut akan menguntungkan kita? Apakah benar-benar perlu untuk meningkatkan kecepatan lebih jauh? Kami tidak berbicara tentang kecepatan lambat yang Anda dapatkan karena operator seluler yang buruk atau di wilayah tertentu, tetapi kecepatan 4G sebenarnya yang dikatakan rata-rata sekitar 100Mbps.


Seberapa Cepatkah 5G?
Seberapa Cepatkah 5G?

 

Kecepatan aktual 5G


Menurut Qualcomm, 5G dapat mentransfer data hingga 20 Gbps. Dibandingkan dengan 4G yang memberikan kecepatan transfer maksimum sekitar 100Mbps rata-rata, jumlah tersebut sangat mencengangkan. Dapatkah Anda membayangkan mengunduh film Full HD bahkan sebelum browser dapat menampilkan kemajuan unduhan? Atau film 4K dengan ukuran sekitar 100GB dalam waktu kurang dari 30 detik? Apakah Anda mampu membeli data tersebut atau tidak adalah subjek untuk diskusi lain. Tetapi jika Anda bisa, akan secepat itu jaringan 5G.


Anda harus ingat bahwa, tidak semua orang akan mendapatkan kecepatan seperti itu. Seperti yang sudah kita ketahui, kecepatan internet tergantung pada beberapa faktor termasuk area tempat tinggal Anda, batasan yang ditetapkan oleh operator seluler, dll. Kami hanya membahas kemampuan jaringan 5G pada intinya.


Beberapa tes kecepatan terbaru dari pengguna melaporkan kecepatan hingga 1Gbps pada layanan 5G yang tersedia untuk konsumen. Jadi, sebagai konsumen, Anda seharusnya tidak mengharapkan kecepatan yang baru saja kami sebutkan di atas. Seperti yang telah kami sebutkan, itulah yang mampu dilakukan oleh teknologi 5G. Bukan apa yang akan diberikan oleh penyedia telekomunikasi, atau pemerintah mengizinkannya.


5G vs generasi sebelumnya


Dimulai dari jaringan seluler 1G (generasi pertama) dengan menghadirkan suara analog. Kami telah datang jauh. 2G memperkenalkan suara digital, 3G adalah langkah besar untuk data seluler, dan 4G meningkatkannya lebih jauh dan membiarkan kami menikmati jaringan seluler seperti sekarang ini. Bagaimana 5G dibandingkan dengan jaringan seluler generasi sebelumnya? Perubahan apa yang bisa dibawanya selain dari kecepatan murni?


Ini dapat berdampak pada hampir setiap area yang dapat Anda bayangkan. Ini dapat meningkatkan sistem transportasi dengan memberikan komunikasi yang stabil dan lebih cepat, meningkatkan layanan kesehatan, meningkatkan pertanian, dan apa pun yang bergantung pada teknologi seluler akan melihat peningkatan besar dalam produktivitas. Kecepatan menghemat waktu, waktu menentukan produktivitas, dan itulah salah satu tujuan inti teknologi.

 

Selain itu, menurut penelitian, teknologi 5G akan memiliki antarmuka udara yang lebih mampu mengirimkan sinyal yang begitu kuat dengan latensi yang sangat rendah. Membuat segala sesuatunya menjadi super-responsif dari yang sudah ada. 5G akan dapat digunakan untuk beberapa hal yang tidak dapat dilakukan oleh 4G. Beberapa sumber bahkan mengatakan bahwa generasi jaringan seluler terbaru dapat menangani hingga satu juta perangkat per kilometer persegi.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar