Perbedaan Topologi Ring dan Topologi Bus pada Jaringan Komputer

Pembahasan yang akan saya jelaskan kali ini adalah perbedaan Topologi Ring dengan Topologi Bus.

1. Topologi Ring

Topologi Ring
Topologi Ring

Pada topologi Ring terdapat jalur data melingkar. Masing-masing perangkat terhubung ke dua perangkat lain dalam jaringan. Data ditransmisikan dari pengirim ke penerima dengan melewatkannya dari satu perangkat ke perangkat lain hingga perangkat penerima tercapai. Jika ada koneksi rusak maka seluruh jaringan crash karena terhubung secara berurutan. Topologi ini pada dasarnya digunakan untuk koneksi LAN atau WAN.

2. Topologi Bus

Topologi Bus
Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis topologi jaringan di mana semua perangkat terhubung ke satu kabel. Topologi ini terdiri dari terminator di setiap ujung kabel. Kabel jaringan bertanggung jawab untuk komunikasi antara perangkat dan ketika data mencapai ujung kabel. Topologi ini adalah topologi jaringan termudah ketika perangkat dihubungkan secara linier.

Differences between Ring Topology and Bus Topology :


Topologi Ring
Topologi Bus
Dalam topologi Ring setiap perangkat terhubung ke dua perangkat lain secara melingkar. Topologi bus adalah topologi dimana setiap perangkat terhubung ke satu kabel.
Dalam topologi Ring data dikirim melalui perangkat dari pengirim ke perangkat penerima. Dalam topologi Bus data dikirim langsung dari perangkat pengirim ke penerima.
Topologi ring memiliki biaya implementasi yang lebih rendah daripada topologi bus. Biaya implementasi topologi Bus lebih tinggi daripada topologi Ring.
Pada topologi ring, informasi ditransmisikan dari node ke node secara ring dalam satu arah. Dalam topologi mesh, informasi berpindah dari node ke node.
Topologi ring kurang dapat diandalkan karena kegagalan satu perangkat mempengaruhi seluruh jaringan. Topologi bus lebih dapat diandalkan daripada topologi Ring.
Pelacakan kesalahan lebih mudah dalam topologi Ring daripada topologi Bus. Sulit untuk menemukan kesalahan dalam topologi Bus.
Penambahan perangkat baru lebih sulit dalam topologi Ring daripada topologi Bus. Dalam topologi Bus perangkat baru ditambahkan dengan sangat mudah.
Kecepatan akses kurang dari topologi Bus karena akses berurutan. Kecepatan akses cepat dibandingkan dengan topologi Ring.
Topologi ring tidak memiliki terminator. Topologi bus memiliki terminator di kedua ujungnya.

Sekian pembahasan tentang perbedaan Topologi Ring dan Topologi Bus. Silahkan kunjungi halaman jaringan komputer untuk memperoleh informasi seputar jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa komen share.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar