Perbedaan Antara Topologi Tree dan Topologi Bus

Setelah kita mengetahui tentang jenis-jenis topologi jaringan komputer, sekarang akan saya bahas tentang perbedaan topologi jaringan Tree dengan topologi jaringan Bus.

1. Topologi Tree
Gambar Topologi Tree
Gambar Topologi Tree


Topologi tree adalah jenis topologi jaringan di mana node disusun dalam desain pohon. Dalam topologi tree, percabangan kabel dimulai dari simpul di bagian atas kepala yang dikenal sebagai simpul akar. Kabel bercabang yang tidak memiliki loop menghubungkan root dengan semua node lain secara hierarkis untuk komunikasi. Topologi tree lebih mahal karena penggunaan kabel yang padat.

2. Topologi Bus

Gambar Topologi Bus
Gambar Topologi Bus


Topologi bus adalah jenis topologi jaringan di mana setiap node yang disertakan terhubung ke satu kabel utama yang bertindak sebagai backbone. Pada topologi bus, komunikasi antar node dilakukan melalui kabel jaringan utama. Topologi bus sangat murah karena hanya satu kabel yang digunakan.

Perbedaan antara Topologi Tree dan Topologi Bus adalah sebagai berikut :


Topologi Tree
Topologi Bus
Dalam topologi pohon, node diatur dalam bentuk pohon. Dalam topologi bus, setiap node yang disertakan terhubung ke satu kabel yang dikenal sebagai backbone.
Topologi tree memberikan keamanan yang tinggi. Sedangkan keamanan sangat rendah pada topologi bus.
Topologi tree sulit untuk dipahami dibandingkan dengan topologi bus. Topologi bus adalah yang paling sederhana dalam hal kompleksitas.
Topologi tree juga disebut sebagai topologi hierarkis. Topologi bus disebut juga dengan topologi line.
Topologi tree mahal karena kabelnya padat. Topologi bus sangat murah karena hanya satu kabel yang digunakan.
Topologi tree digunakan untuk WAN. Topologi bus umumnya cocok untuk LAN karena pemasangannya mudah.

Sekian penjelasan tentang perbedaan topologi jaringan Tree dan topologi jaringan Bus. Untuk mengetahui informasi dan tutorial seputar jaringan komputer, silahkan kunjungi halaman jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa di artikel selanjutnya.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar