Perbedaan Antara Topologi Star dan Topologi Bus

Penjelasan pada artikel kali ini adalah perbedaan Topologi Star dan Topologi Bus

1. Topologi Star

Topologi Star
Topologi Star

Topologi star pada dasarnya digunakan untuk jaringan LAN dimana semua node terhubung ke titik pusat yang disebut Hub, yang menghubungkan mereka ke dalam saluran komunikasi. Koneksi sedemikian rupa sehingga n jumlah kabel diperlukan untuk menghubungkan n jumlah perangkat akhir atau node. Hub pusat mengontrol komunikasi antara semua node, pesan yang dikirim oleh satu node mencapai hub terlebih dahulu, dan kemudian ditransmisikan ke node penerima melalui hub.

2. Topologi Bus

Topologi Bus
Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis topologi jaringan di mana semua perangkat terhubung ke satu kabel. Topologi ini terdiri dari terminator di setiap ujung kabel. Kabel jaringan bertanggung jawab atas komunikasi antar perangkat dan ketika data mencapai ujung kabel, kabel tersebut akan dilepas oleh terminator dari jalur data. Topologi ini adalah topologi jaringan termudah ketika perangkat dihubungkan secara linier.

Perbedaan Topologi Star dengan Topologi Bus :


Topologi Star
Topologi Bus
Topologi star adalah topologi di mana semua perangkat terhubung ke hub pusat. Topologi bus adalah topologi dimana setiap perangkat terhubung ke satu kabel.
Dalam topologi star, jika hub pusat gagal maka seluruh jaringan gagal. Dalam topologi Bus, kegagalan kabel jaringan akan menyebabkan seluruh jaringan gagal.
Manajemen lalu lintas tinggi dan kinerja jaringan sangat tergantung pada kapasitas hub pusat. Topologi bus tidak dapat secara efektif mengelola jumlah lalu lintas tinggi terminator seolah-olah ada lalu lintas tinggi maka kinerja jaringan terpengaruh.
Topologi star tidak memiliki terminator. Topologi bus memiliki terminator di kedua ujung jaringan.
Topologi star memiliki biaya implementasi yang tinggi karena hub pusat dan kabel tambahan yang diperlukan untuk koneksi. Topologi bus lebih murah daripada topologi star.
Transmisi data lebih cepat pada topologi star. Dalam topologi Bus, data ditransmisikan lebih lambat dibandingkan dengan topologi star.
Pada topologi star komunikasi antar node dilakukan melalui hub pusat, pesan dari node pengirim mencapai hub pusat terlebih dahulu kemudian ditransmisikan ke node penerima. Dalam topologi Bus, data dari perangkat pengirim ke perangkat penerima dikirim secara langsung.
Ekspansi lebih mudah. Perluasan jaringan yaitu penambahan node baru sulit dilakukan.
Identifikasi dan isolasi kesalahan relatif lebih mudah. Identifikasi kesalahan dan isolasi tidak mudah.
Kemungkinan tabrakan data lebih kecil. Tabrakan data sering terjadi.

Sekian pembahasan tentang perbedaan Topologi Star dan Topologi Bus. Silahkan kunjungi halaman jaringan komputer untuk memperoleh informasi seputar jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa komen share.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar