Perbedaan Antara Topologi Ring dan Topologi Mesh

Setelah mengetahui tentang pengertian topologi jaringan, kali ini saya akan menjelaskan perbedaan Topologi Ring dan Topologi Mesh. 

Topologi Ring

Contoh Topologi Ring
Contoh Topologi Ring

Dalam topologi Ring, setiap node terhubung ke node sisi kiri dan kanannya di mana informasi berjalan dari node ke node secara ring dalam satu arah. Ada juga n link dalam topologi ring seperti topologi star, jika ada n node . Dalam topologi ring, untuk menambahkan node baru seluruh koneksi harus dipecah.

Topologi Mesh

Contoh Topologi Mesh

Topologi mesh adalah jenis topologi jaringan di mana setiap komputer terhubung ke setiap komputer lain dalam jaringan. Ini adalah topologi jaringan yang paling toleran terhadap kesalahan karena memiliki banyak koneksi. Dalam topologi mesh setiap komputer terhubung ke komputer lain dengan sebuah titik untuk menghubungkan titik. Jika ada n komponen maka setiap komponen terhubung ke n-1 komponen lainnya yaitu topologi mesh dengan n komponen akan memiliki n(n-1)/2. Topologi mesh dapat terdiri dari dua jenis yaitu topologi mesh penuh dan topologi mesh sebagian. Topologi mesh adalah salah satu topologi yang paling kuat dan andal.

Perbedaan antara Topologi Ring dan Topologi Mesh:

Topologi Ring
Topologi Mesh
Pada topologi ring, setiap node terhubung ke node sisi kiri dan kanannya. Dalam topologi mesh, node terhubung satu sama lain sepenuhnya melalui tautan khusus.
Biaya topologi ring rendah. Biaya topologi Mesh mahal.
Ada N link dalam topologi ring, jika ada N node. Ada N(N-1)/2 link di topologi Mesh, jika ada N node.
Pada topologi ring, informasi ditransmisikan dari node ke node secara ring dalam satu arah. Dalam topologi mesh, informasi berpindah dari node ke node.
Topologi ring tidak dapat diperluas. Topologi mesh juga tidak dapat diperluas.
Topologi ring digunakan dalam LAN. Topologi mesh umumnya cocok untuk WAN.

Sekian penjelasan tentang perbedaan Topologi Ring dengan Topologi Mesh. Silahkan kunjungi halaman jaringan komputer untuk mendapatkan informasi seputar jaringan komputer. Semoga artikel bermanfaat dan jangan lupa share.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar