Perbedaan Antara Topologi Mesh dan Topologi Bus

Salah satu jenis topologi jaringan komputer adalah Topologi Mesh dan Topologi Bus. Dibawah ini akan saya jelaskan perbedaan dari Topologi Mesh dan Topologi Bus.

1. Topologi Mesh

Desain Topologi Mesh
Desain Topologi Mesh

Topologi mesh adalah jenis topologi jaringan di mana setiap komputer terhubung ke setiap komputer lain dalam jaringan. Topologi ini adalah topologi jaringan yang paling toleran terhadap kesalahan karena memiliki banyak koneksi. Dalam topologi mesh setiap komputer terhubung ke komputer lain dengan sebuah titik to point link. Jika ada n komponen maka setiap komponen terhubung ke n-1 komponen lainnya yaitu topologi mesh dengan n komponen akan memiliki n(n-1)/2. Topologi mesh dapat terdiri dari dua jenis yaitu topologi mesh penuh dan topologi mesh sebagian. Topologi mesh adalah salah satu topologi yang paling kuat dan andal.

2. Topologi Bus

Desain Topologi Bus
Desain Topologi Bus

Topologi bus adalah jenis topologi jaringan di mana semua perangkat terhubung ke satu kabel yang disebut sebagai backbone. Topologi ini terdiri dari terminator di setiap ujung kabel. Kabel jaringan bertanggung jawab untuk komunikasi antara perangkat dan ketika data mencapai ujung kabel. Topologi ini adalah topologi jaringan termudah ketika perangkat dihubungkan secara linier.

Perbedaan Topologi Mesh dan Topologi Bus:


Topologi Mesh
Topologi Bus
Topologi mesh adalah topologi di mana setiap perangkat terhubung ke setiap perangkat lain dalam jaringan. Topologi bus adalah topologi dimana setiap perangkat terhubung ke satu kabel yang dikenal sebagai backbone.
Pada topologi Mesh kegagalan satu perangkat tidak akan menyebabkan terputusnya transfer data. Dalam topologi Bus kegagalan kabel jaringan akan menyebabkan seluruh jaringan gagal.
Topologi mesh dapat mengatur jumlah lalu lintas yang tinggi di jaringan karena beberapa perangkat dapat mengirimkan data. Topologi bus tidak dapat secara efektif mengatur jumlah lalu lintas yang tinggi seolah-olah ada lalu lintas tinggi maka kinerja jaringan terpengaruh.
Topologi mesh lebih mahal daripada topologi bus. Topologi bus lebih murah dibandingkan dengan topologi mesh.
Topologi mesh lebih kompleks untuk dipahami dibandingkan dengan topologi bus. Topologi bus relatif lebih mudah dipahami.
Topologi mesh mentransmisikan data lebih cepat daripada topologi bus. Dalam topologi Bus data ditransmisikan lebih lambat dibandingkan dengan topologi mesh.
Topologi mesh memberikan keamanan lebih dari topologi bus. Topologi bus memberikan keamanan yang lebih rendah dibandingkan dengan topologi mesh.

Sekian penjelasan tentang perbedaan Topologi Mesh dengan Topologi Bus. Untuk informasi terkait topologi jaringan silahkan kunjungi halaman Jaringan Komputer. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa komen ya. 
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar