Perbedaan Adaptor AC, Power Supply dan Charger untuk Komputer Laptop

Tidak ada perbedaan mencolok antara Adaptor AC, power supply, dan charger yang digunakan pada laptop. Secara individual ada yang berfungsi sebagai power supply internal, power supply eksternal, dan pengisi daya baterai; namun, semua unit daya laptop menyediakan fungsi yang sama yaitu memasok daya ke laptop dari sumber eksternal.

Perbedaan Adaptor AC, Power Supply dan Charger untuk Komputer Laptop
Perbedaan Adaptor AC, Power Supply dan Charger untuk Komputer Laptop


Satuan yang Sama

Elektronik lainnya menggunakan istilah adaptor AC, power supply, dan charger untuk merujuk ke perangkat tertentu yang melakukan tugas tertentu dengan cara yang tertentu pula, padahal jelas bahwa perangkat daya laptop sebenarnya adalah ketiganya. Komputer laptop menggunakan power supply eksternal, juga dikenal sebagai adaptor AC, untuk memberi daya pada komputer dan untuk mengisi daya baterai. Baterai laptop juga dapat dianggap sebagai power supply karena, saat diisi dayanya, ia memiliki tujuan yang sama.

Power Supply

Power supply atau PSU adalah perangkat atau komponen yang mengambil energi dari sumber listrik Arus Bolak-balik dan mengubahnya menjadi Arus Langsung yang dapat digunakan untuk perangkat elektronik lain. Power supply juga memastikan bahwa komputer tidak menerima terlalu banyak atau terlalu sedikit listrik, yang dapat menyebabkan sistem gagal atau rusak. Istilah "power supply" biasanya dikaitkan dengan komputer desktop dan mengacu pada komponen yang dipasang dan ditempatkan di dalam casing komputer. Power supply internal berbentuk persegi panjang atau kubus dan biasanya memiliki alat pendingin berupa kipas built-in yang mengeluarkan udara panas dari sisi belakang casing komputer.

Adaptor AC

Istilah "adaptor AC" mengacu pada power supply eksternal yang digunakan oleh perangkat elektronik. Laptop menggunakan power supply eksternal untuk mengurangi ruang yang digunakan oleh komponen di dalam casing karena ukuran yang lebih kecil jauh lebih penting untuk portabilitas laptop daripada komputer desktop. Selain itu, komputer laptop juga dapat kehabisan daya baterai, artinya mereka dapat bekerja tanpa adaptor AC selama beberapa jam. Adaptor AC tidak selalu diperlukan untuk digunakan dengan komputer dan dapat berbobot beberapa kilogram, jadi tidak perlu selalu membawanya ke mana-mana dengan sistem.

Charger

Charger adalah perangkat yang digunakan untuk mengisi ulang baterai agar dapat digunakan; istilah charger sering disamakan dengan adaptor AC laptop. Padahal tidak tepat, karena adaptor AC laptop tidak hanya mengisi daya baterai. 

Sekian sedikit penjelasan terkait perbedaan adaptor AC, power supply dan charger. Kesimpulan yang didapat adalah ketiga perangkat tersebut memiliki kesamaan yaitu memasok daya dari sumber eksternal. Dan perbedaan dari ketiganya hanyalah dari cara memasokkan dayanya. Sampai jumpa di penjelasan dan tutorial lainnya.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar