Cara Mudah Membuat Halaman Judul Makalah/Tugas Akhir/Skripsi di Word

Cara Membuat Halaman Judul Makalah/Tugas Akhir/Skripsi yang Benar di Word -  Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan tutorial tentang pembuatan makalah/karya ilmiah, terutama pada pembuatan halaman judul atau sampul. Membuat makalah/karya ilmiah tidak bisa dilakukan secara asal-asalan karena selalu ada pedoman pembuatannya. Pedoman pembuatan makalah/karya ilmiah hampir memiliki pedoman penulisan yang sama.


Cara Mudah Membuat Halaman Judul Makalah/Tugas Akhir/Skripsi di Word
Cara Mudah Membuat Halaman Judul Makalah/Tugas Akhir/Skripsi di Word


Sebelum saya membahas tentang tutorial membuat judul cover makalah/karya ilmiah, mari kita ketahui terlebih dahulu perbedaan antara makalah dan karya ilmiah serta pedoman penulisannya.

Perbedaan Makalah Dengan Karya Ilmiah

Makalah biasanya dibuat oleh seorang pelajar maupun mahasiswa dengan tujuan untuk menuangkan masalah dengan topik tertentu dalam bentuk tulisan yang sistematis disertai analisis yang logis. Sedangkan karya ilmiah hampir sama dengan makalah akan tetapi perlu analisis dan kajian yang lebih mendalam dalam membahas topik masalah yang diangkat. 

Dari segi pembuatannya, biasanya makalah dikerjakan secara kelompok sedangkan karya ilmiah dikerjakan secara individu.  

Pedoman Penulisan Halaman Judul/Cover Pada Makalah/Karya Ilmiah

Berikut ini pedoman yang sering dipakai dalam penulisan halaman judul :

1. Ukuran Kertas

Ukuran kertas yang dipakai dalam sebuah makalah/karya ilmiah biasanya adalah A4. Kertas A4 memiliki ukuran  lebar dan panjang : 21 x 29.7 cm, 210 x 297 mm, 8.27 x 11.69 inci.

2. Margin Kertas

Batas antara tulisan dengan tepi kertas haruslah diperhatikan, hal tersebut dilakukan karena apabila makalah/karya ilmiah nantinya akan dijilid maka isi bahasan tidak akan tertutup. Ukuran margin atas kiri kanan bawah adalah 4cm 4cm 3cm 3cm.

3. Jenis Huruf

Jenis huruf yang wajib dipakai pada makalah/karya ilmiah adalah Times New Roman. Jenis huruf ini sudah tersedia di Microsoft Word jadi kita tidak perlu instal jenis huruf ini.

4. Ukuran Huruf

Ukuran huruf biasanya berbeda tergantung akan digunakan untuk menulis apa. Jika pada judul penelitian biasanya ukuran hurufnya adalah 16 , untuk identitas adalah 12, sedangkan untuk identitas sekolah adalah 14.

5. Logo

Dihalaman judul biasanya wajib menggunakan logo asal sekolah. Pastikan logo yang digunakan dalam bentuk png. jika kalian hanya memiliki logo dalam bentuk jpg maka tidak perlu khawatir. Silahkan ikuti tutorial cara mudah mengubah format gambar jpg menjadi png.

6. Huruf cetak tebal

Biasanya di halaman judul semua huruf menggunakan cetak tebal, berbeda dengan halaman isi yang mempunyai cetak tebal di bagian judul atau subjudul saja.

Contoh Halaman Judul/Cover yang Benar

Berikut ini adalah salah satu contoh halaman judul yang pernah saya buat dimana ini merupakan halaman judul untuk skripsi.

Contoh halaman judul skripsi
Contoh halaman judul skripsi

Cara Mudah Membuat Halaman Judul di Microsoft Word

Setelah kalian mengetahui atau sudah ada gambaran tentang sampul yang akan dibuat, maka mari kita mulai tutorial pembuatannya.

1. Buka Microsoft Office Word.

2. Buat halaman baru. Pilih File - New - Blank Document - Create.

3. Atur ukuran kertas agar menjadi A4. Pilih Menu Page Layout - Size - A4.

4. Atur margin agar sisi atas dan kiri berjarak 4 cm sedangkan kanan dan bawah berjarak 3 cm. Pilih Menu Page Layout - Margins - Custom Margin. Biasanya ukuran akan dalam bentuk cm, akan tetapi dalam beberapa kesempatan ada juga yang satuannya bukan cm tapi mm. Untuk mengubah satuan pada word dapat melihat cara mengubah satuan ukuran di Microsoft Word.

5. Jika ukuran kertas dan margin sudah sesuai makan selanjurnya kita pastikan jenis font yang digunakan adalah Times New Roman. Pada Menu Home - ubah yang biasanya Calibri menjadi Times New Roman.

6. Jangan lupa pastikan juga agar huruf cetak tebal. Pilih Menu Home - Bold atau CTRl+B.

7. Mulailah menulis judul makalah/karya ilmiah terlebih dahulu, misalkan "IMPLEMENTASI ALGORITMA BACKTRACKING DAN K-NN UNTUK MENJAWAB ANAGRAM PADA NON PLAYABLE CHARACTER (NPC) DALAM TURN-BASED RPG GAME". Blok bagian judul dan buat menjadi rata tengah. Ubah ukurannya menjadi 16.

8. Tempelkan logo asal sekolah. Logo identitas sekolah biasanya ada yang diatas judul dan ada juga yang dibawah judul tergantung pedomannya.

9. Tulis identitas mulai dari Nama, No Absen, Kelas dan Jurusan. Blok dan ubah ukurannya menjadi 12.

10. Tulis nama identitas sekolah di bagian selanjutnya, misalkan "Universitas Negeri Semarang" atau "SMK Tunas Bangsa Tawangsari". Blok dan ubah ukurannya menjadi 14.

11. Yang terakhir adalah tahun pelajaran, misalkan "Tahun Pelajaran 2022/2023". Blok dan ubah ukurannya menjadi 14.

12. Selesai.

Sekian tutorial mudah membuat halaman judul/cover untuk makalah/skripsi, untuk tutorial selanjutnya adalah cara mudah membuat lembar persetujuan pembimbing di microsoft word. Sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar