Cara Menguji Power Supply PC Menggunakan Konektor

Pada tutorial sebelumnya saya sudah membahas bagaimana memperbaiki power supply PC yang rusak atau konslet. Nah , pada tutorial hari ini saya akan membahas bagaimana cara menguji power supply. Saat menguji power supply PC, kita tidak harus memasangnya kedalam casing. Kita bisa mengujinya diluar casing tanpa memerlukan bantuan motherboard. Kita bisa menguji power supply dengan bantuan penjepit kertas. Selain tidak ribet, menguji power supply dari luar juga sangat aman.

Cara Menguji Power Supply PC Lewat Konektor
Cara Menguji Power Supply PC Lewat Konektor

Berikut cara menguji power supply lewat pin konektor.

Langkah Pengujian Power Supply Lewat Konektor

  1. Temukan koneksi PC utama dari power supply ke motherboard. Sambungan ini akan berupa konektor 20-pin atau 24-pin.
  2. Arahkan konektor sehingga klip samping menghadap ke kiri. Klip ini adalah salah satu yang menempel pada sisi konektor daya utama pada motherboard.
  3. Buka lipatan penjepit kertas sehingga berbentuk U.
  4. Temukan kabel hijau yang terhubung ke konektor utama power supply. Hanya akan ada satu konektor kabel hijau di antara 20 atau 24 kabel.
  5. Masukkan salah satu ujung penjepit kertas ke dalam lubang sambungan kabel hijau.
  6. Temukan salah satu kabel hitam tepat di sebelah kabel hijau dan masukkan ujung penjepit kertas yang lain ke dalam lubang penghubungnya. Akan ada dua kabel hitam di samping kabel hijau; pilih salah satunya untuk dapat digunakan pada tes ini.
  7. Colokkan catu daya ke stopkontak yang tersedia dan hidupkan menggunakan sakelar dayanya.
  8. Jika kipas di dalam power supply menyala, maka power supply memang berfungsi dan tidak ada gangguan. 

Kesimpulan

Kabel hijau pada power supply mengirimkan sinyal operasional untuk menandakan bahwa power supply berfungsi. Jika sebagian power supply tidak berfungsi dengan benar, kabel hijau tidak akan mengirim sinyal dan power supply akan gagal menyala.

Sekian tutorial menguji power supply dengan menggunakan konektor. Tutorial selanjutnya adalah cara memperbaiki DVD drive yang rusak. Semog artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya. 

Baca Juga : Kumelu
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar