Cara Mengubah DNS di Windows 10

DNS memiliki peran penting dalam menentukan seberapa cepat kinerja koneksi internet kita. Tidak masalah jika kita memiliki koneksi super cepat dari ISP. Jika server DNS kita jelek, kita akan sering menjumpai video yang buffering dan pemuatan halaman yang lama. Jadi singkatnya, kita harus selalu memastikan bahwa kita menggunakan server DNS terbaik. Server DNS Google (8.8.8.8 dan 8.8.4.4) adalah salah satu contoh layanan DNS terbaik yang akan memastikan bahwa kita akan mendapatkan hasil yang maksimal.

Cara Mengubah DNS di Windows 10
Cara Mengubah DNS di Windows 10

Jadi pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial untuk mengubah server DNS pada PC Windows 10. Langsung saja mari kita masuk ke langkah-langkahnya.

Meskipun saya sendiri merekomendasikan server DNS Google yang memiliki fungsi paling baik untuk semua jenis kebutuhan termasuk penelusuran web, streaming video, game, dll. Saya juga merekomendasikan semua server DNS yang tepercaya dan memiliki ulasan positif. Tapi ingat, pastikan tidak menggunakan layanan yang kurang dikenal karena dapat memiliki keamanan yang lemah.

Langkah-langkah Mengubah DNS di Windows 10

  1. Cari Control Panel di kotak pencarian di kiri bawah.
  2. Klik pada opsi Control Panel yang muncul.
  3. Kemudian pilih Network and Sharing Center.
  4. Di bagian sisi kiri, pilih Change adapter settings. Ini akan membuka jendela baru di mana kita dapat melihat semua koneksi internet dan adaptor.
  5. Klik kanan pada koneksi yang ingin diubah server DNSnya. Koneksi yang aktif akan memiliki warna hijau dan tidak akan memiliki ikon "X" merah di sebelahnya.
  6. Klik kanan dan pilih Properties. Ini akan membuka jendela baru.
  7. Sekarang klik opsi Internet Protocol Version 4 (TCP/IPv4).
  8. Kemudian klik tombol Properties.
  9. Di jendela yang baru dibuka, centang pada use the following DNS server addresses.
  10. Masukkan alamat DNS primer dan sekunder seperti 8.8.8.8 dan 8.8.4.4.
  11. Sekarang klik OK untuk menyimpan perubahan.
Itu dia cara untuk mengubah alamat DNS di komputer Windows 10. Mudah bukan? Kalian juga dapat memverifikasi pengaturan yang baru diterapkan secara manual dengan mencentang kotak yang mengatakan Validasi pengaturan saat keluar. Setelah opsi ini dicentang, Windows akan memverifikasi pengaturan yang baru diterapkan dan memastikan bahwa itu berfungsi. Jadi, nikmati koneksi internet super cepat dan manfaatkan potensi penuh dari paket internet. Untuk melihat informasi perkembangan teknologi terbaru, kalian bisa melihat di Berita Teknologi Terbaru
Sekian dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar