Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah dan Cepat

Perangkat elektronik seperti komputer, smartphone, dan laptop sudah menjadi kebutuhan primer bagi sebagian besar orang. Pasalnya, dengan kemajuan teknologi seperti sekarang, semua informasi bisa didapat dengan mudah melalui perangkat elektronik tersebut. Meskipun harus membutuhkan internet. Terutama dalam penggunaan laptop dan komputer.

Bagi kamu yang memiliki pekerjaan sebagai youtuber dan penulis blog, komputer dan laptop sangat dibutuhkan, mengingat kepraktisan penggunaannya serta fungsinya yang lengkap. Apalagi jika menyangkut kapasitas memori, komputer adalah jawabannya. 

Salah satu masalah yang sering dialami pengguna komputer adalah menurunnya kapasitas peforma komputer. Salah satu penyebabnya adalah banyaknya data yang membuat komputer jadi lemot dan berat. Tidak hanya itu, terus-menerus digunakan dan faktor umur komputer juga bisa menjadi penyebab komputer lemot.

Umumnya, cara mengatasi komputer lemot bisa dengan cara membersihkan cache, menghapus aplikasi yang tidak terpakai, memasang anti virus, dan sebagainya.

Pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi cara mengatasi komputer lemot dengan mudah dan cepat. Hal ini bertujuan agar komputer kamu bisa lebih optimal saat digunakan. Apa saja caranya? Simak informasinya berikut ini.

Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah dan Cepat
Cara Mengatasi Komputer Lemot dengan Mudah dan Cepat

Ada berbagai cara mengatasi komputer lemot yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Berikut informasinya yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Bersihkan Perangkat Komputer dari Virus

Cara mengatasi komputer lemot yang pertama adalah dengan membersihkan perangkat komputer dari virus. Sangat penting untuk selalu mengecek komputer apakah terdapat virus atau tidak. Virus yang tidak disadari akan memberatkan komputer kamu saat digunakan. 

Cara mengatasi komputer lemot yang mudah dan cepat adalah dengan menginstal program anti virus pada komputer kamu. Sekarang ini, banyak sekali jenis program anti virus yang bisa kamu terapkan, ada yang versi berbayar dan ada yang gratis. Tentunya kedua pilihan tersebut memiliki kelebihan yang berbeda.

2. Hapus Program yang tidak perlu

Di dalam komputer, tentunya terdapat banyak sekali program yang telah kamu install, terlebih lagi jika kamu seorang pekerja kantoran. Selain membuat penyimpanan penuh, program tersebut juga akan membuat komputer kamu jadi lemot.

Cara mengatasi komputer lemot karena hal ini, kamu bisa menghapus program yang tidak perlu di komputer kamu. Dengan menghapus program yang tidak perlu akan membuat komputer kamu jadi lebih ringan dan lebih optimal saat digunakan.

3. Melakukan Update Windows secara berkala

Cara mengatasi komputer lemot selanjutnya adalah dengan melakukan update windows secara berkala. Cara ini sangat efektif untuk mengatasi komputer lemot dengan mudah dan cepat. Komputer pada umumnya perlu mengalami upgrade agar performa kerjanya tetap optimal. Hal ini biasanya terdapat bug yang perlu diperbaiki dan ditingkatkan. 

Mengupdate sistem windows pada komputer kamu akan membuat beberapa bug secara otomatis diperbaiki. Hal ini nantinya akan membuat komputer kamu lebih maksimal saat digunakan.

4. Jangan Membuka terlalu banyak Startup Program 

Jika terlalu banyak Startup program pada komputer akan membuat komputer jadi lemot. Banyaknya program yang berjalan membuat kinerja komputer harus ekstra bekerja keras dalam mengalokasikan seluruh ruang yang dimilikinya. Hal ini akan membuat RAM sangat terbebani.

Cara mengatasi komputer lemot akibat hal ini bisa dengan cara menutup atau mematikan beberapa startup program yang berjalan secara default pada komputer. Dapatkan informasi menarik lainnya seputar teknologi di malesngeblog.com.

Itulah informasi cara mengatasi komputer lemot dengan mudah dan cepat. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar