Cara Memilih Power Supply (PSU) yang Baik

Tips Memilih Power Supply (PSU) yang Baik - Ada banyak spesifikasi perangkat keras yang perlu dipertimbangkan saat memasang workstation baru di kantor, tetapi yang harus Anda fokuskan pertama kali adalah power supply (PSU). Memilih PSU yang rusak dan di bawah standar sering menyebabkan sistem tidak stabil dan kinerja buruk. Pastikan Anda memiliki power supply yang sempurna untuk workstation Anda dengan mengikuti panduan ini.

Cara Memilih Power Supply (PSU) yang Baik
Cara Memilih Power Supply (PSU) yang Baik


Berikut langkah-langkah memilih power supply yang bagus.

Lebih tinggi tidak selalu lebih baik

Banyak pengguna menganggap semakin tinggi total watt, semakin baik kinerja PSU. Meskipun PSU 1800W yang sangat besar berguna untuk menjalankan banyak drive dan aplikasi intensif grafis, PSU tersebut tidak diperlukan dan sering kali membebani Anda.

Sebagian besar komputer tidak bekerja dengan kapasitas penuh sepanjang waktu. Bahkan, jika komputer Anda memiliki kartu grafis, prosesor, dan RAM tingkat menengah, 600W sudah lebih dari cukup.

Untuk mengetahui dengan tepat berapa banyak yang Anda butuhkan, kalkulator PSU online akan memberikan perkiraan kasar konsumsi daya harian Anda. Setelah Anda menghitung berapa banyak watt yang Anda butuhkan, idealnya Anda menginginkan PSU yang memiliki batas watt total yang sedikit lebih tinggi untuk menyediakan ruang jika Anda ingin memasang komponen tambahan nanti.

Perhatikan efisiensi

PSU yang sangat efisien cenderung memiliki komponen yang lebih efektif, mengkonsumsi lebih sedikit energi, dan menghasilkan lebih sedikit panas, yang menghemat Anda dari tagihan energi dan pendinginan bulanan yang besar.

Cara terbaik untuk menentukan apakah PSU Anda efisien adalah dengan mencari yang memiliki sertifikasi "80 Plus". Sertifikasi ini berarti bahwa suatu unit setidaknya 80% efisien, dan kehilangan sekitar 20% sebagai panas.

Perhatikan bahwa peringkat efisiensi yang lebih tinggi sama dengan harga yang lebih tinggi, jadi pastikan untuk mempertimbangkan potensi penghematan energi dan pendinginan terhadap biaya awal PSU.

Pertimbangkan PSU yang lebih besar

Meskipun bisa sangat merepotkan, PSU yang lebih besar lebih andal daripada model yang ringan. PSU besar dilengkapi dengan komponen internal yang lebih canggih dan manajemen pendinginan yang lebih baik. Kipas juga lebih besar, yang berarti mereka dapat memindahkan lebih banyak udara, mengurangi kebisingan, dan menjaga tempat kerja Anda tetap dingin.

Teliti produsennya

Idealnya, PSU Anda harus disediakan oleh produsen handal yang menawarkan jaminan yang wajar dan dukungan yang komprehensif. Kebanyakan orang cenderung memilih PSU Corsair, Seasonic, dan Antec, tetapi Anda tetap harus meluangkan waktu untuk meneliti produknya.

Cari ulasan pelanggan tentang merek dan model spesifik PSU Anda. Jika itu tidak memungkinkan, dapatkan pendapat ahli teknisi perangkat keras.

Memilih perangkat keras yang tepat bisa sangat sulit, terutama jika Anda tidak memiliki pengetahuan teknis. Jadi, jika Anda memerlukan panduan lebih lanjut tentang semua hal yang berkaitan dengan perangkat keras, Anda bisa tanyakan kepada ahlinya.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar