Cara Membuat Taskbar Transparan di Windows 11

Seperti saya, Anda mungkin juga ingin taskbar Anda transparan. Terutama dengan peningkatan desain yang menyertai Windows 11, Anda mungkin ingin membuat beberapa perubahan desain pada taskbar. Jika Anda terbiasa dengan Windows 7 lama seperti transparansi di bilah tugas, membiasakan diri dengan sesuatu yang solid mungkin tidak semudah itu. Dalam hal ini, Anda dapat bergantung pada fitur bawaan yang tersedia di OS Windows 11 Anda serta beberapa cara rumit lainnya. Kami akan melakukan perjalanan melalui mereka dalam waktu singkat.


 
Cara Mudah

Windows 11 hadir dengan banyak opsi personalisasi. Kita dapat menggunakannya untuk mengubah pengaturan transparansi taskbar default.


  1. Pilih Start
  2. Kemudian klik Pengaturan.
  3. Di bilah sisi kiri, klik Personalisasi.
  4. Sekarang, di sisi kanan layar, pilih Warna.
  5. Cukup aktifkan opsi di sebelah opsi Efek Transparansi.
  6. Anda akan melihat bahwa transparansi taskbar Anda telah dimodifikasi. Meskipun Ini akan berfungsi dalam banyak kasus, Anda mungkin ingin mengubah beberapa pengaturan lain yang tersedia di layar yang sama. Anda dapat menyesuaikan warna, serta beberapa opsi lain yang tersedia di layar efek visual untuk menyesuaikan Taskbar dan aspek lain dari Wndows 11 sesuai keinginan Anda.


Cara yang Lebih Sulit


Kami akan menggunakan registri lama yang bagus untuk membuat beberapa perubahan untuk secara manual beralih ke mode transparansi bilah tugas Windows 11.


  1. Ketik tombol Windows + R pada keyboard Anda.
  2. Ketik regedit di Run comma and bux dan klik OK.
  3. Ini akan membuka editor registri. Sekarang Anda harus menavigasi ke jalur direktori berikut di bilah sisi kiri.
  4. HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Explorer\Advanced
  5. Di sisi kanan layar, buat file baru dengan mengklik kanan pada area kosong dan mengklik New > DWORD (32-bit) Value.
  6. Klik kanan pada file yang baru dibuat di samping dan pilih opsi Ganti Nama.
  7. Beri nama UseOLEDTaskbarTransparency.
  8. Klik kanan pada file yang sama sekali lagi, dan sekarang pilih opsi Modify.
  9. Dalam nilai, ubah 0 menjadi 1.
  10. Klik OK.
  11. Langkah-langkah di atas akan mengaktifkan transparansi bilah tugas OLED di komputer Windows 11 Anda. Namun, ada satu hal lagi yang harus Anda lakukan untuk menikmati transparansi sejati.
  12. Di editor registri, navigasikan ke jalur berikut.
  13. Komputer\HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\DWM
  14. Temukan opsi yang disebut ForceEffectMode. Seperti yang kita lakukan pada langkah sebelumnya, klik kanan pada file, pilih ubah, lalu ubah nilainya dari 0 menjadi 1.
  15. Sekarang restart saja komputer Anda.
  16. Segera setelah Anda me-restart PC Anda, pengaturan yang kami ubah akan berlaku, dan Anda akan melihat bahwa transparansi bilah tugas Anda telah diterapkan. Kami hanya merekomendasikan metode ini bagi mereka yang memiliki pengalaman dengan registri Windows. Membuat perubahan yang tidak perlu dapat memengaruhi stabilitas sistem Anda. Jadi tangani dengan hati-hati.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar