10 Tools SEO Gratis untuk Riset Keywords 2022

10 Tools SEO Gratis untuk Riset Keywords 2022 - Riset keyword merupakan salah satu cara SEO yang paling populer, karena jika kita mendapatkan kata kunci yang bagus bisa berdampak besar pada trafik blog kita. Apabila kompetitor kata kunci nya sedikit akan semakin mudah untuk konten blog kita berada di halaman 10 pencarian google. Menurut Studi faktor peringkat pencarian Google yang dirilis oleh Searchmetrics mengatakan bahwa halaman yang menempati posisi 1 hingga 3 memiliki rata-rata rasio Klik-Tayangan 36 persen. Bisa kamu bayangkan banyaknya trafik yang akan datang jika blog mu masuk ke peringkat 3 besar pencarian Google. Nah kira-kira seperti itulah gambaran pentingnya melakukan Riset Keywords. 

10 Tools SEO Gratis untuk Riset Keywords 2022
10 Tools SEO Gratis untuk Riset Keywords 2022


Berikut adalah 10 tools seo gratis untuk riset keywords yang akan membantumu mendapatkan peringkat 10 besar dalam pencarian Google.

1. Google Keyword Planner

Google Keyword Planer merupakan tools yang paling sering digunakan oleh para master blogger untuk pencarian kata kunci / keyword. Untuk keakuratannya sendiri dalam mencari kata kunci tidak perlu diragukan lagi karena ini merupakan tools milik Google. Cara kerja Keyword Planner :
  • Menemukan kata kunci baru. Menelusuri kata yang berhubungan dengan produk atau layanan kamu. Fitur riset kata kunci akan membantu kamu menemukan kata kunci yang paling relevan sesuai keinginanmu.
  • Melakukan riset kata kunci. Fitur riset kata kunci akan memberimu insight tentang seberapa sering kata tertentu dicari. Hal ini dapat membantumu mempersempit daftar kata kunci sehingga kata kunci yang diinginkan dapat diperoleh.
  • Mendapatkan estimasi bid. Keyword Planner akan menunjukkan estimasi bid untuk setiap kata kunci.
  • Membuat rencana. Setelah menemukan kata kunci yang tepat, kamu bisa menambahkannya ke rencana periklanan.

2. Ubersuggest



Ubersuggest merupakan tools milik Neil Patel yang merupakan pakar digital marketing terkemuka. Ubersuggest dapat kamu gunakan secara gratis tanpa dipungut biaya sepersen pun. Walaupun gratis data yang tersedia di Ubersuggest sangat lengkap. Bisa kamu lihat sendiri pada gambar di bawah ini :


Keterangan :
  • Trend : Grafik pencarian
  • Volume : Jumlah volume pencarian keyword dalam sebulan.
  • CPC : Tingkat kesulitan SEO agar mencapai page one / halaman pertama.
  • PD : Persaingan dalam pencarian keyword berbayar.
  • SD : Biaya rata-rata per klik jika Anda ingin membayar google agar terlihat.
Untuk tools ini sendiri yang sering saya gunakan selain Google Keyword Planner.

3. Keyword Tool


Sebetulnya Keyword Tool ini hampir sama dengan Ubersuggest. Dari cara kerjanya pun sama, jadi saya rasa tidak perlu dijelaskan lagi.

Akan tetapi, bisa dibilang jika Keyword Tool sedikit lebih unggul dibandingkan Ubersuggest. Karena tool ini bisa menghasilkan lebih banyak kata kunci / keyword.

Tak hanya itu saja, tool ini juga bisa bekerja dengan 129 domain di Google, 83 bahasa; termasuk bahasa indonesia dan sangat mudah digunakan.

Untuk kamu yang ingin melakukan riset keyword tidak ada salahnya mencoba aplikasi ini.

4. Lsigraph

Lsigarp merupakan tool yang digunakan untuk riset kata kunci utama, dan juga kata kunci lain yang masih berhubungan dengan kata kunci utama.

Misalkan saya mengetik tutorial blogger di Lsigarph maka akan muncul kata lain seperti blogger tutorial 2019, blogger tutorial pdf, blogger tutorial 2018, google blogger tutorial dan lain sebagainya.  


Fungsi tool ini bukan mencari kata kunci utama. Fungsinya adalah mencari kata kunci lainnya yang masih berhubungan dengan kata kunci utama. Jadi apabila konten kamu memiliki kata kunci ini maka akan lebih menguatkan di SEO nya.

5. WordStream | Free Keyword Tool

WordStream | Free Keyword Tool merupakan tool yang akan memberikan pengalaman riset keyword akurat dalam menyediakan berbagai kata kunci yang revelan dengan konten kamu. Bahkan, tool ini juga menyediakan kata kunci yang beragam untuk kata kunci yang panjang.

Lebih hebatnya lagi, kata kunci yang ditampilkan oleh tool ini lebih relevan dibandingkan dengan kata kunci dari tool lain.

Wordstream sayangnya membatasi kamu dalam melakukan riset keyword. Untuk perharinya kamu hanya bisa menggunakan tool ini sebanyak 30 kali. Jika lewat dari 30, maka permintaan pencarian kata kunci tidak akan diproses, kecuali kamu mendaftar ke versi premium yang berbayar.

6. Keyword EveryWhere

Berbeda dengan tool lainnya, Keyword EveryWhere adalah add-ons browser. Jadi tool ini semacam alat yang harus diinstal di browser untuk melakukan riset keyword. Jadi kamu perlu memasangnya terlebih dahulu di browsermu baik Google Chrome maupun Mozilla Firefox.

Dengan menggunakan tool ini kamu bisa lebih banyak mendapatkan manfaat. Bahkan ketika kamu mencari kata kunci di google keyword planner atau ubersuggest, tool ini akan secara otomatis menampilkan data tambahan.

Dimana data yang akan ditampilkan adalah Volume pencarian dan biaya CPC iklan. Meskipun demikian, tool ini sangat membantu saat melakukan riset keyword.

Cara menggunakan tool ini sangat mudah, kamu hanya harus instal add-ons nya dan aktifkan. Lalu cobalah akses Ubersuggest. Dan mulai mencari kata kunci. Maka tool ini secara otomatis akan bekerja.

7. Keyword Eye

Fungsi Keyword Eye mirip dengan Wordstream, kamu wajib daftar terlebih dahulu sebelum menggunakan aplikasi ini. Akan tetapi dari segi fiturnya, Wordstream dan Keyword Eye mempunyai fitur yang berbeda.

Dengan menggunakan tool ini, kamu hanya bisa melakukan pencarian 20 kata kunci perharinya, dan akan mendapatkan 100 saran kata kunci, serta 25 kata kunci lain yang disarankan oleh Google.

Dengan mengunakan Keyword Eye, kamu sudah bisa melihat volume pencarian, PPC  Competition, dan PPC Competitive score yang merupakan salah satu elemen penting dari riset keyword itu sendiri.

8. Keyword Revealer’s

Tool riset keyword selanjutnya adalah Keyword Revealer’s yang merupakan salah satu tool riset keyword gratis dan mudah digunakan. Sama dengan Keyword Eye, tool ini juga menampilkan volume pencarian dan CPC.

Akan tetapi sangat disayangkan tool ini membatasi 3 pencarian saja perharinya. Kamu harus menggunakan kesempatan itu dengan sebaik-baiknya.

9. Adwords Search Term

Tool selanjutnya Adwords Search Term. Dalam penggunaan tool ini kita akan menggunakan salah satu fitur Adwords.

Fitur tersebut bernama Search Query Report. Untuk mengakses fitur ini di Adwords, buka tab ‘Keywords’ lalu klik ‘Detail’ dan pilih ‘All’.

Maka akan terlihat berbagai kata kunci.

10. Google Auto Complete

Google Auto Complete bisa jadi satu-satunya tool yang paling mudah digunakan untuk riset keyword. Kita cukup membuka halaman pencarian Google untuk menggunakan tool ini.

Cara karja tool ini adalah memanfaatkan kota pencarian google. Tool ini akan sangat membantu kamu jika ingin mendapatkan keyword panjang.

Contoh:



Kamu mengetikan tutorial blogger (belum selesai)

Google akan otomatis memberikan berbagai saran kata kunci selanjutnya, seperti;

  • tutorial blogger 2019
  • tutorial blogger lengkap pdf
  • tutorial blogger pdf
  • tutorial blogger 2018
  • tutorial blogger 2018 pdf
  • dll

Nah, dari hasil saran Google inilah kamu bisa memilih salah satu kunci yang akan kamu pakai.

Sekian pembahasan mengenai 10 Tools SEO Gratis untuk Riset Keywords 2022, kamu bisa mencoba tool - tool di atas dan pilihlah yang paling cocok dengan mu. Semoga artikel ini bermanfaat.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar