10+ Komponen Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Komponen Jaringan Komputer dan Fungsinya - Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang komponen jaringan beserta gambarnya. Untuk kalian yang baru saja masuk ke SMK khususnya jurusan TKJ atau yang ingin belajar tentang dasar jaringan komputer, kalian wajib mengetahui apa saja komponen jaringan komputer yang digunakan untuk membuat sebuah jaringan komputer.

Secara umum, pengertian komponen jaringan komputer adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk menghubungkan komputer kedalam sebuah jaringan. Peran komponen jaringan komputer adalah untuk mendukung agar jaringan komputer dapat berjalan dengan baik.
Mari kita simak beberapa macam komponen jaringan komputer dibawah ini.

1. Client

Komputer Client
Komputer Client

Client merupakan komputer yang bertugas mengakses layanan-layanan yang diberikan oleh komputer server. Contoh layanan yang disediakan oleh komputer server adalah Web Server, DHCP Server, DNS Server dan lain sebagainya.

Selain itu, didalam komputer client juga terdapat software aplikasi yang dapat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan. Contohnya seperti Microsoft Office yang digunakan untuk mengolah kata, mengolah angka, bahkan presentasi.

2. Server

Komputer Server
Komputer Server

Apabila komputer client adalah komputer yang menerima layanan, maka komputer server adalah komputer yang memberikan layanan dalam suatu jaringan. Karena digunakan untuk memberikan layanan, komputer server haruslah memiliki spesifikasi yang tinggi. Hardisk yang digunakan dalam komputer server harus memiliki ruang penyimpanan yang banyak lalu kapasitas RAM dan processor haruslah memadai untuk memenuhi permintaan dari client.

Baca juga : Jenis Jenis Jaringan Komputer

3. Modem

Modem
Modem

Modem adalah singkatan dari Modulator Demodulator yang merupakan perangkat jaringan dengan fungsi untuk menghubungkan perangkat komputer ke jaringan internet dengan menggunakan jaringan seluler. Adapun fungsi lainnya dari perangkat modem adalah untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital dan sebaliknya. 

4. HUB

HUB
HUB

HUB merupakan perangkat jaringan yang biasanya digunakan pada jaringan LAN. Fungsi utama dari HUB adalah untuk menghubungkan komputer satu dengan yang lainnya dalam sebuah jaringan. Selain itu HUB funga berfungsi untuk menyebarkan atau membagikannya kembali jaringan dalam satu server. 

Dalam melakukan tugasnya, HUB menggunakan metode broadcast untuk mengirikan informasi ke perangkat lain. Jika salah satu port HUB sedang dalam kondisi sibuk, maka port lainnya mau tak mau harus menunggu untuk mengirimkan sinyal ke perangkat lain.

5. Switch

Switch
Switch

Switch dan HUB merupakan perangkat jaringan yang pada dasarnya hampir sama, akan tetapi switch ini tidak seperti HUB. Switch bisa dibilang lebih pintar dibandingkan dengan HUB, karena tidak melakukan broadcast informasi yang diterima ke seluruh jaringan yang terkoneksi.  

Selain itu, switch juga pintar dalam melakukan pembatasan serta mengatur besarnnya ukuran paket data dan informasi yang akan dikirim atau di transmisikan kepada setiap client yang terkoneksi ke switch.

Dari jumlah port, switch memiliki jumlah port yang lebih banyak dibandingkan dengan HUB. Biasanya switch memiliki port yaitu 8, 16, dan 32.

6. Router

Router
Router

Router adalah perangkat jaringan yang berfungsi untuk merutekan paket data berdasarkan alamat IP. Fungsi lainnya dari router adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan yang berbeda. Walaupun hampir mirip dengan switch, tetapi router berbeda dengan switch. Jika switch digunakan untuk menghubungkan komputer menjadi satu jaringan yang disebut dengan LAN, Maka router berfungsi untuk menghubungkan antara jaringan LAN satu dengan jaringan LAN lainnya.

7. Repeater

Repeater
Repeater

Fungsi utama dari perangkat repeater adalah untuk meregenerasi sinyal melalui jaringan yang sama sebelum sinyal menjadi terlalu lemah atau rusak sehingga dapat memperpanjang panjang sinyal yang dapat ditransmisikan melalui jaringan yang sama. Poin penting yang perlu diperhatikan tentang repeater adalah mereka tidak memperkuat sinyal. Ketika sinyal menjadi lemah, mereka menyalin sinyal sedikit demi sedikit dan meregenerasinya dengan kekuatan aslinya. 

8. Bridge

Bridge
Bridge

Bridge adalah repeater, dengan fungsi tambahan untuk menyaring data dengan membaca alamat MAC sumber dan tujuan. Bridge juga digunakan untuk menghubungkan dua LAN yang bekerja pada protokol yang sama. 

9. NIC (Network Interface Card)

Kartu Jaringan
Kartu Jaringan

NIC merupakan sebuah komponen hardware yang digunakan untuk menghubungkan komputer kedalam suatu jaringan. NIC biasanya terdapat di dalam komputer, secara default nya sudah terpasang didalam komptuter jadi kita tidak perlu untuk memasangnya.

10. Kabel jaringan

Kabel Jaringan
Kabel Jaringan

Kabel jaringan merupakan media tranmisi yang digunakan untuk menghubungkan perangkat perangkat jaringan. Kabel jaringan yang sering digunakan dalam jaringan kompuer antara lain adalah sebagai berikut :
  • Kabel coaxcial 
  • Kabel UTP / STP biasa disebut kabel LAN
  • Kabel fiber optik

11. Konektor Jaringan

Konektor Jaringan
Konektor Jaringan

Konektor jaringan merupakan pasangan dari kabel jaringan, setiap kabel memiliki konektor masing-masing. Seperti kabel UTP yang memiliki pasangan konektor RJ-45, lalu ada FC (Fiber Connector) yang dipasangkan dengan kabel fiber optic.

Sekian artikel tentang fungsi dan komponen perangkat jaringan komputer. Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa share dan komen ya.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar