Cara Membuat User Sudo di Ubuntu

Apakah Anda hanya ingin membuat pengguna baru di OS Ubuntu Anda untuk diri Anda sendiri, atau Anda ingin membiarkan orang lain menggunakan sistem Anda dengan semua hak istimewa seperti pengguna root, ada penggunaan Sudo. Pengguna sudo akan dapat menggunakan semua fungsi dan fitur OS seperti yang dilakukan pengguna root. Dalam sebagian besar kasus, melakukan operasi sebagai pengguna root tidak disarankan. Jadi, segera setelah Anda menginstal OS Ubuntu di PC atau server Anda, selalu disarankan untuk membuat pengguna Sudo dan melakukan operasi yang diperlukan.


Perintah Membuat User Sudo di Ubuntu
Perintah Membuat User Sudo di Ubuntu


Dalam panduan ini, kita akan membiasakan diri dengan istilah sudo dan cara membuat pengguna sudo. Tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai artikelnya.


Apa itu pengguna Sudo?


Pengguna sudo adalah pengguna yang memiliki hak administratif yang hanya tersedia untuk pengguna root secara default. Sebagai pengguna sudo, Anda akan dapat melakukan hampir semua tindakan pada OS dengan semua hak istimewa yang dimiliki pengguna root. Sudo bekerja berdasarkan perintah dan tidak mirip dengan shell yang Anda gunakan. Anda harus meletakkan perintah sudo di depan setiap baris yang ingin Anda jalankan dengan hak administratif. Ini adalah penjelasan singkat tentang pengguna sudo di Ubuntu.


Bagaimana cara membuat pengguna Sudo?


Sekarang, Anda tahu apa itu pengguna sudo. Ini adalah waktu untuk membuat satu. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini untuk membuat pengguna Sudo di Ubuntu.


Jika Anda mencoba membuat pengguna sudo di PC Anda, Anda hanya perlu mengakses shell perintah Anda dan lewati langkah pertama. Jika Anda berada di server (yang merupakan kasus paling umum) ikuti langkah-langkah ini.


1. Masuk ke server sebagai pengguna root dengan mengetik ssh root@ip_address_of_the_server.


2. Ketik nama pengguna adduser. Pastikan untuk mengganti "nama pengguna" dengan nama pengguna pilihan Anda.


3. Ini akan meminta Anda untuk mengatur kata sandi UNIX untuk pengguna. Berikan kata sandi, ketik ulang ketika diminta. dan Anda akan menerima pesan yang mengatakan "kata sandi berhasil diperbarui."

Setel permintaan kata sandi:

Masukkan kata sandi UNIX baru:

Ketik ulang kata sandi UNIX baru:

passwd: kata sandi berhasil diperbarui


4. Selanjutnya, Anda akan ditanya beberapa detail lebih lanjut tentang pengguna yang baru saja Anda buat. Anda bisa mengisinya atau melewatkannya dengan menekan "Enter." Terakhir, konfirmasikan detail yang diberikan dengan mengetik "Y" dan tekan "Enter."

Informasi pengguna meminta:

Mengubah informasi pengguna untuk nama pengguna

Masukkan nilai baru, atau tekan ENTER untuk default

Nama lengkap []:

Nomor kamar []:

Telepon Kantor []:

Telepon rumah []:

Lainnya []:

Apakah informasinya benar? [Y/t]


5. Sekarang Anda telah berhasil membuat pengguna di Ubuntu. Sekarang saatnya untuk menambahkan pengguna yang dibuat ke grup sudo. Untuk ini, ketik berikut ini di baris perintah. Pastikan untuk mengganti "nama pengguna" dengan nama pengguna yang benar.

usermod -aG sudo nama pengguna


6. Anda telah berhasil menambahkan pengguna ke grup sudo. Jika Anda ingin mengujinya, cukup alihkan pengguna dengan mengetik su - nama pengguna dan coba jalankan perintah yang hanya tersedia untuk pengguna root. Misalnya, coba jalankan Sudo ls -la /root. Ini akan menanyakan kata sandi pengguna sudo Anda saat pertama kali Anda mencoba menjalankan perintah sudo. Berikan ketika ditanya, dan jika direktori root terdaftar, Anda sekarang adalah pengguna Sudo.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar