Cara Memasang Font Baru Di Ubuntu

Ubuntu adalah versi Linux yang paling ramah bagi pengguna dan dilengkapi dengan daftar font yang bagus saat Anda menginstal. Jika Anda tidak puas dengan daftar font yang tersedia di Ubuntu, Anda dapat menginstal tambahan dari sumber lain. Menginstal file font di Linux adalah proses yang cukup sederhana. Prosedur di bawah ini berfungsi untuk Ubuntu dan distro Linux lainnya seperti Linux Mint.


Langkah 1: Unduh Font


Pertama, pilih font yang ingin Anda instal di Ubuntu. Jika Anda bertanya-tanya di mana mendapatkan font yang bagus, jangan khawatir, ada banyak sekali sumber font yang tersedia di internet yang menawarkan berbagai font bergaya dan menarik secara gratis. Ketik "font gratis" di google, maka Anda akan mendapatkan banyak situs web yang menawarkan font gratis. Misalnya, Anda dapat menggunakan Dafont, Font Squirrel, dan lain lain untuk mendapatkan font gratis.


Langkah 2: Instal Font di Ubuntu


Menginstal font di Ubuntu


Setelah Anda memilih font pilihan Anda, sekarang saatnya untuk menginstal di Ubuntu. Pertama, buka file font yang diunduh, sebagian besar font akan diunduh dalam format TTF atau OTF. Sekarang buka file font yang diunduh, di sini Anda akan melihat tombol Instal di sudut kanan atas. Klik pada tombol untuk menginstal font. Ini hanya membutuhkan waktu beberapa detik tergantung pada kecepatan mesin Anda. Setelah font diinstal, Anda akan melihat kotak Install berubah menjadi Installed. Ini berarti font berhasil diinstal di Ubuntu.


Sekarang font yang diinstal mulai berfungsi ketika Anda membuka aplikasi yang kompatibel seperti GIMP.


Bagaimana cara menginstal banyak font sekaligus Ubuntu?


Prosedur di atas hanya cocok jika Anda ingin menginstal satu file font di Ubuntu. Untuk instalasi beberapa file font, metode ini membutuhkan banyak waktu dan usaha. Ada cara sederhana untuk menginstal beberapa font Ubuntu.


Instal aplikasi pengelola font di Ubuntu untuk membuat beberapa instalasi font dengan mudah. Ketik perintah berikut di Terminal dan jalankan. Perintah ini akan menginstal pengelola font di mesin Anda.


sudo apt-get install font-manager


Perintah instal pengelola font di Ubuntu 


Sekarang instalasi akan terlihat seperti pada gambar di atas dan setelah selesai Anda dapat mulai menggunakan pengelola font di Ubuntu.


Tampilan pengelola font di Ubuntu


Pengelola font terlihat seperti pada gambar di atas. Tambahkan ikon + di antarmuka pengguna untuk menambahkan font sebanyak yang Anda inginkan sekaligus.


Itu dia. Saya harap Anda menikmati artikelnya. Silakan bagikan umpan balik Anda yang berharga di kotak komentar di bawah.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar