Cara Mengubah Ekstensi File di Windows 10

Ekstensi file memutuskan bagaimana file bertindak dan apa yang dapat Anda lakukan dengannya. Misalnya, file .txt tidak dapat dijalankan di PC Windows 10 Anda. Untuk itu, Anda memerlukan file .exe. Hal yang sama berlaku untuk format lain apakah itu video, audio, dokumen, ekstensi, atau hampir semua jenis data yang dapat Anda bayangkan. Dalam situasi tertentu, Anda mungkin ingin bermain-main dengan ekstensi file, terutama saat membuat yang baru. Misalnya, jika Anda menyukai pemrograman, membuat file PHP semudah membuat file .txt dan mengganti nama bagian .txt menjadi .php. Hal yang sama berlaku untuk format lain juga. Cukup mengganti nama bagian setelah titik itu akan mengubah ekstensi file itu.

Cara Mengubah Ekstensi File di Windows 10
Cara Mengubah Ekstensi File di Windows 10

Seperti yang telah disebutkan, cukup mengubah jalur setelah titik dapat memutuskan bagaimana file tersebut bertindak dan untuk apa Anda dapat menggunakannya. Jadi, secara tidak sengaja mengganti nama file menjadi apa pun yang bukan format sebenarnya dari file tertentu itu akan membuatnya benar-benar tidak dapat digunakan. Jadi, Anda harus sangat berhati-hati saat menggunakan fitur ini. Juga perlu diingat bahwa, ini bukan sistem konversi yang dapat Anda gunakan untuk hanya mengonversi file dari satu format ke format lainnya. Anda tidak bisa begitu saja mengganti nama file .pdf menjadi .txt dan mengharapkannya terbuka di perangkat Anda. Mengganti nama file hanya dimaksudkan untuk digunakan jika kompatibel. Dengan itu, mari kita lihat bagaimana kita dapat mengubah ekstensi file.

Langkah-langkah untuk Mengubah Ekstensi File di Windows 10

Untuk mengubah ekstensi file apa pun, pertama-tama Anda harus melihat ekstensinya yang akan disembunyikan secara default di Windows 10. Kita harus mengaktifkan fitur itu sehingga kita dapat melihat bagian ekstensi dan mengubahnya sesuai kebutuhan.

  1. Masuk ke folder tempat file tersebut berada.
  2. Klik panah bawah di sudut kanan atas file explorer. Anda juga dapat menekan Ctrl + F1.
  3. Arahkan ke tab Lihat di bagian atas.
  4. Cukup centang kotak yang mengatakan Ekstensi nama file.

Itu dia. Semua file Anda sekarang akan mulai menampilkan ekstensinya juga. Jadi sekarang, untuk mengganti nama file, yang harus Anda lakukan adalah mengklik kanan file tersebut dan kemudian memilih Rename. Kemudian cukup ubah bagian ekstensi menjadi apa pun yang Anda inginkan.

Katakanlah Anda sedang belajar HTML dan ingin membuat dokumen HTML untuk membukanya di browser. Buat file teks dan ganti namanya menjadi sesuatu seperti index.html. Anda akan melihat bahwa ikon diubah untuk file tertentu. Jika Anda memiliki browser web yang terkait untuk membuka dokumen HTML, Anda cukup mengklik dua kali untuk membukanya di browser dan membuat perubahan untuk melihat perubahannya.

Jadi, begitulah cara Anda mengubah ekstensi file di Windows 10. Pastikan untuk menyembunyikan ekstensi file dengan mengikuti langkah-langkah yang sama yang disebutkan di atas setelah Anda selesai mengganti nama. Bahkan jika Anda secara tidak sengaja memilih sesuatu yang acak seperti .abc sebagai ekstensi file, Windows tidak akan menghentikan Anda melakukan hal itu yang akan membuat file sama sekali tidak berguna. Dan Anda bahkan mungkin tidak ingat ekstensi file yang benar untuk mengubahnya kembali jika Anda tidak menyadarinya pertama kali. Jadi, berhati-hatilah saat memainkannya.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar