Cara Mengetahui Ukuran Folder di Windows 10

Ada beberapa situasi ketika Anda ingin mengetahui ukuran folder tertentu di PC Windows 10 Anda. Terutama saat mencoba mengosongkan beberapa ruang dan Anda menemukan beberapa folder yang tidak lagi Anda kenali, Anda mungkin ingin mengetahui jumlah ruang yang ditempati. Kasus penggunaan tidak terbatas, itu sebabnya Windows, seperti banyak sistem operasi lain, dilengkapi dengan banyak alat untuk mengetahui properti file dan folder. Pada artikel ini, kita akan melihat metode bawaan yang disediakan Windows untuk mengetahui segala sesuatu tentang folder tertentu di komputer Anda.

Cara Mengetahui Ukuran Folder di Windows 10
Cara Mengetahui Ukuran Folder di Windows 10


Langkah-langkah untuk Menemukan Ukuran Folder di Windows 10

  1. Klik kanan pada folder yang ingin Anda cari ukurannya.
  2. Klik pada Properties.
  3. Cari label Ukuran dan Ukuran pada disk.

Itu dia. Ini akan mencantumkan ukuran folder baik dalam MB maupun byte. Anda hanya harus melihat nilai Ukuran, bukan Ukuran pada disk. Ukuran adalah ukuran sebenarnya dari file Anda. Tetapi mengapa nilai Ukuran dan Ukuran pada disk ditampilkan secara berbeda? Baca lebih lanjut di bagian berikut.

Ukuran vs Ukuran pada disk

Jawaban singkat: Ukuran adalah ukuran sebenarnya dari file dan Ukuran pada disk adalah jumlah ruang yang diperlukan untuk menyimpannya di hard drive Anda.

Jawaban panjang: Hard drive terbuat dari trek dan sektor. Sistem operasi termasuk Windows 10 mengalokasikan ruang untuk file untuk berada di "unit alokasi" atau "cluster. Unit alokasi hanya akan berisi satu file meskipun ukuran file (atau bagian dari file untuk file yang lebih besar) lebih kecil dari unit alokasi. Unit alokasi tipikal bisa di mana saja dari hanya 512 byte hingga 32.000 byte. Ini berarti, katakanlah ukuran unit alokasi drive Anda saat ini adalah 4096 byte (ukuran alokasi standar untuk drive). Bahkan jika file kurang dari 4096 byte, seluruh 4096 byte akan dialokasikan untuk file tunggal itu. Misalnya, file dengan ukuran 2500 byte juga akan membutuhkan 4096 byte untuk disimpan di hard drive.

Untuk file yang lebih besar, sebagian file juga akan menggunakan beberapa ruang yang tidak terpakai. Katakanlah saya memiliki file dengan ukuran 22 KB. Diperlukan 6 unit alokasi (6 x 4096 = 24.576 byte) untuk menyimpan file meskipun ukuran file sebenarnya hanya 22.000 byte. Karena 5 unit alokasi hanya akan memiliki 20.480 byte yang tidak cukup untuk menyimpan seluruh file. Jadi, sisa ruang tempat potongan terakhir file disimpan akan ditambahkan ke "ukuran pada disk". Jadi, itulah mengapa ukuran pada disk akan selalu lebih besar dari ukuran sebenarnya dari file kecuali Anda menggunakan beberapa mekanisme kompresi.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar