Cara Memperbaiki Netflix yang Lambat

Pada Maret 2022, 190 negara memiliki akses ke Netflix, dengan akses ke lebih dari 15.000 judul. Tidaklah mengejutkan untuk menemukan acara favorit Anda di platform OTT yang berkembang secara global ini. Netflix populer karena merupakan layanan berlangganan bulanan yang terjangkau yang memberi Anda akses ke banyak acara TV, film, dan dokumenter. Netflix tidak memerlukan kontrak sehingga pengguna dapat membatalkan langganan mereka kapan saja. Alasan lain mengapa Netflix populer adalah karena ia menawarkan berbagai konten yang dapat dialirkan di berbagai perangkat, termasuk TV, laptop, smartphone, dan tablet. Namun, beberapa pengguna mengeluhkan website yang lambat.

Cara Mengatasi Netflix yang Lambat
Cara Mengatasi Netflix yang Lambat

Kabar baiknya adalah Netflix telah bekerja untuk memperbaiki masalah ini dengan meningkatkan kapasitas bandwidth dan memperluas jaringan servernya. Selain itu, Netflix sedang menguji fitur baru yang disebut "Bandwidth Pilihan" yang memungkinkan pengguna memilih kualitas video streaming mereka. Fitur ini akan segera tersedia di perangkat tertentu.

Jadi mengapa Situs Web Netflix terkadang Lambat?

Ada beberapa alasan mengapa hal ini mungkin terjadi. Salah satu kemungkinannya adalah koneksi internet pengguna tidak cukup cepat untuk melakukan streaming konten Netflix. Kemungkinan lain adalah terlalu banyak orang yang mencoba menggunakan Netflix secara bersamaan, yang dapat menyebabkan situs web menjadi lambat.

Salah satu alasan mengapa Netflix mungkin lambat adalah karena koneksi internet Anda. Jika Anda menggunakan koneksi internet yang lebih lambat, Netflix dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk memuat. Alasan lain mungkin karena Anda menggunakan versi aplikasi Netflix yang lebih lama. Aplikasi usang sering kali berjalan lambat, jadi pastikan Anda menggunakan versi terbaru. Untungnya, ada beberapa hal yang Anda lakukan untuk mempercepat Netflix. Berikut adalah beberapa yang disebutkan:

1. Periksa kecepatan koneksi Anda

Ini harus menjadi hal pertama yang Anda periksa setiap kali Anda menghadapi masalah terkait internet. Koneksi internet yang lambat atau buruk seringkali menjadi akar masalahnya. Gunakan alat uji kecepatan seperti Fast.com atau Speedtest.net untuk memeriksa kecepatan koneksi Anda. Jika di bawah 5Mbps, Anda mungkin harus meningkatkan paket Anda.

2. Hubungkan ke Server yang berbeda

Coba sambungkan ke lokasi server yang berbeda jika Anda menggunakan VPN. Ini karena beberapa server mungkin kelebihan beban, menghasilkan kecepatan yang lebih lambat.

3. Perbarui browser dan aplikasi Netflix Anda

Jika Anda menggunakan browser atau aplikasi Netflix yang kedaluwarsa, ini mungkin menyebabkan pelambatan. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru browser dan aplikasi Netflix.

4. Bersihkan cache dan cookie browser Anda

Seiring waktu, cache dan cookie browser Anda bisa menjadi berantakan, yang menyebabkan pelambatan. Coba bersihkan mereka untuk melihat apakah itu membuat perbedaan.

5. Ubah kualitas video

Jika koneksi internet Anda lambat, coba streaming dalam kualitas video yang lebih rendah. Ini masih akan memberi Anda pengalaman menonton yang baik, tetapi memuat lebih cepat.

6. Coba perangkat lain

Jika Anda masih mengalami masalah, coba streaming Netflix di perangkat lain. Ini mungkin karena masalah dengan perangkat atau konfigurasi jaringan Anda.

7. Reboot Modem dan Router Jaringan Anda

Ini adalah tindakan yang lebih ekstrem, tetapi mungkin diperlukan jika Anda mengalami masalah saat streaming Netflix. Nyalakan ulang modem dan router Anda dengan mematikannya lalu hidupkan kembali.

8. Nonaktifkan VPN Anda

Jika Anda menggunakan VPN, coba nonaktifkan untuk melihat apakah itu meningkatkan kecepatan Netflix Anda. Terkadang, VPN sebenarnya dapat memperlambat koneksi Anda daripada meningkatkan bandwidth jaringan Anda.

9. Perbarui driver jaringan Anda

Ini adalah solusi yang lebih teknis, tetapi dapat membantu jika Anda mengalami masalah dengan jaringan Anda. Coba perbarui driver jaringan Anda ke versi terbaru.

10. Hubungi ISP Anda

Jika Anda sudah mencoba semua hal di atas dan masih mengalami masalah saat streaming Netflix, mungkin ada masalah dengan ISP Anda. Hubungi mereka dan lihat apakah mereka dapat membantu Anda memecahkan masalah.

11. Ubah Server DNS di PC Anda

Jika Anda masih mengalami masalah, coba ubah server DNS di PC Anda. Ini adalah solusi yang lebih canggih, tetapi dapat membantu meningkatkan kecepatan Netflix Anda.

12. Copot pemasangan lalu instal ulang aplikasi Netflix

Ini adalah upaya terakhir, tetapi mungkin memperbaiki masalah apa pun yang Anda alami dengan aplikasi Netflix.

Anda harus menghadapi fakta; jika seseorang yang Anda kenal belum menghadapi masalah kecepatan lambat, maka masalahnya kemungkinan besar ada di pihak Anda. Ini adalah solusi yang mungkin Anda dapat mencoba untuk memperbaikinya sendiri.
Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar