Cara Burn CD atau DVD di Windows 10

Dari orang yang baru memulai komputer hingga ilmuwan komputer, semua orang ingin membakar CD atau DVD. Bahkan dengan keberadaan komputer super dan SSD 10 terabyte, CD dan DVD masih digunakan untuk menyimpan data. Apalagi jika datanya cukup kecil dan penting. Dibandingkan dengan media penyimpanan lainnya, media ini tidak terlalu rentan terhadap kerusakan dan kehilangan data karena Anda tidak merusaknya secara tidak sengaja atau menggoresnya dengan parah. Jadi, apa pun alasannya, jika Anda memutuskan untuk membakar CD/DVD di mesin Windows 10 Anda, Anda dapat mengikuti panduan ini.

Cara Burn CD atau DVD di Windows 10
Cara Burn CD atau DVD di Windows 10

Langkah-langkah untuk membakar CD / DVD di Windows 10

  1. Masukkan CD/DVD ke dalam drive disk optik Anda.
  2. Di jendela Burn a Disc, pilih metode yang Anda sukai (lihat bagian berikut untuk memutuskan).
  3. Jika Anda memilih mode Like a USB flash drive, Windows akan mulai menyiapkan disk untuk data yang akan ditulis ke dalamnya.
  4. Setelah proses selesai, yang harus Anda lakukan hanyalah copy-paste atau drag and drop file yang ingin Anda salin ke disk dan tunggu prosesnya selesai. Juga perlu diingat bahwa, ketika Anda mengeluarkan disk, Windows akan melakukan beberapa sentuhan akhir untuk memastikan bahwa file ditulis dengan benar. Jadi, tunggu itu.

Jika Anda memilih Dengan opsi pemutar CD/DVD, Anda memiliki lebih banyak langkah untuk dilakukan.

  1. Di jendela yang baru dibuka, seret dan lepas file yang ingin Anda bakar ke disk di bawah bagian File Siap Ditulis ke Disk.
  2. Setelah Anda selesai menambahkan file, navigasikan ke menu Alat Drive di bagian atas.
  3. Klik pada opsi Finish burning. Ini akan membuka jendela baru.
  4. Beri nama disk Anda.
  5. Pilih kecepatan perekaman. Lebih baik tidak mengubahnya karena Windows akan secara otomatis memilih kecepatan optimal.
  6. Klik tombol Berikutnya.
  7. Windows sekarang akan mulai membakar file ke disk. Tunggu hingga proses selesai. Mungkin perlu beberapa saat.
  8. Setelah selesai, Windows akan secara otomatis mengeluarkan disk dari drive optik. Anda dapat mengeluarkannya dan menutup baki.
  9. Klik tombol Selesai. Itu dia. Anda telah berhasil membakar disk.

Metode pembakaran

Saat Anda memasukkan CD/DVD ke dalam drive optik untuk pertama kalinya, Windows secara otomatis akan menanyakan mode mana Anda ingin menggunakan disk tersebut. Akan ada dua opsi yang diberikan.

Seperti USB flash drive: Dalam mode ini, Anda akan dapat menulis, menghapus, atau mengedit file di disk Anda seperti di USB flash drive. Itu berarti Anda akan memiliki kendali penuh atas file yang Anda simpan ke disk tidak seperti metode umum menggunakan disk. Namun perlu diingat bahwa, file yang ditulis menggunakan metode ini mungkin tidak dapat diakses di komputer atau perangkat yang lebih lama dari Windows XP. Anda dapat menyalin file ke disk secara selektif atau sekaligus berdasarkan preferensi Anda dan itu akan disalin secara instan.

Dengan pemutar CD/DVD: Metode penulisan tipikal yang akan menulis file ke disk sekaligus setelah Anda selesai menambahkan file. Disk yang dibakar menggunakan metode ini akan lebih kompatibel dengan versi sistem operasi dan perangkat yang lebih lama. Dalam jenis ini, Anda harus membakar disk secara manual setiap kali Anda selesai memilih file yang diperlukan untuk berada di dalamnya dan tidak akan bertindak sebagai USB flash drive.

Meskipun mode Like a USB flash drive memungkinkan Anda untuk menghapus file, jika Anda menggunakan disk CD-R atau DVD-R hanya sistem file logis yang akan dihapus. Ruang aktual yang digunakan oleh file tidak akan dibebaskan. Jadi, pastikan Anda memiliki disk yang dapat ditulis ulang untuk menggunakan ruang yang dihapus.

Rekomendasi kami? Jika Anda hanya akan menyimpan beberapa file di dalamnya dan berencana untuk mengaksesnya dari komputer Anda sendiri kapan pun diperlukan, gunakan mode Like a USB flash drive. Jika Anda berencana untuk membuat file di dalamnya permanen dan ingin memastikan kompatibilitas maksimum dengan perangkat lain, gunakan opsi Dengan pemutar CD/DVD.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar