Mengenal Cisco Packet Tracker, Aplikasi Simulasi Jaringan untuk Anak TKJ

Aplikasi Cisco Packet Tracker untuk anak TKJ - Hai sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu aplikasi Cisco Packet Tracker. Buat kalian anak TKJ pasti sudah tidak asing mendengar aplikasi ini, Cisco Packet Tracker merupakan aplikasi berbasis android maupun komputer yang berfungsi untuk membuat simulasi jaringan komputer. Didalam aplikasi Cisco Packet Tracker fitur-fitur yang tersedia sangat lengkap sekali mulai dari perangkat keras komputer, media transmisi beserta uji simulasinya juga.


Mengenal aplikasi cisco packet tracer
Mengenal aplikasi cisco packet tracer

Mari kita kenal lebih jauh lagi tentang aplikasi Cisco Packet Tracker. Mulai dari sejarahnya, fungsi dan kegunaannya beserta fitur-fitur didalamnya. 


Sejarah Cisco Packet Tracker


Cisco Packet tracer merupakan aplikasi yang dirancang oleh perusahaan cisco system yang dimana digunakan untuk membuat simulator membangun sebuah jaringan komputer yang membantu mengenali tentang konsep topologi jaringan dan konfigurasi jaringan ,cisco merupakan sebuah perusahaan yang didirikan oleh dua orang eksekutif staf yang bernama leonard bosack dan sandy k. Lerner, cisco atau cisco systems memiliki bisnis utama yang bergerak dalam bidang teknologi yang meliputi perangkat networking yaitu seperti router, hub , bridge, dan switch.


Pada tahun 1980-1981 Cisco System terinspirasi dari sebuah komputer Alto dan Ethernet Card yang diberikan kepada Universitas Stanford oleh Xerox PARC (Palo Alto Research), pada mulanya para staf standford melakukan riset hanya untuk tujuan ilmiah dan pendidikan kemudian kedua staf stanford yaitu leonard Bosack dan Sandy k. lerner menginvestasikan dana pribadi mereka untuk mengembangkan multi-protokol router yang "ditanamkan" dalam perangkat berbentuk "seperti komputer" yang diberi label Cisco, ide mereka yaitu membuat bluebox yang di lengkapi kipas pendingin yang dapat bekerja dengan hanya menancapkan kabel, karena pada zaman itu merupakan zaman berkembangnya internet perangkat cisco cepat terjual terutama kepada banyak perusahaan dan lembaga pendidikan.


Fungsi Dan Kegunaan Cisco Packet Tracer


Cisco Packet tracer berfungsi untuk merancang sistem topologi jaringan yang akan diterapkan pada dunia nyata atau untuk gambaran bagaimana bentuk dan susunan sebuah topologi jaringan tetapi karena masih memiliki batasan dalam fungsi dan fiturnya , packet tracer hanya digunakan untuk metode pembelajaran saja atau alat bantu belajar.


Cisco packet tracer beguna untuk pembelajaran bagi siswa bagaimana bentuk sebuah jaringan ,merancang topologi jaringan, cara membuat sebuah sistem jaringan , mengurangi biaya pengunaan alat, dan melatih agar lebih mudah memahami konsep terbentuknya suatu jaringan.



Fitur Cisco Packet Tracer


Berikut adalah beberapa fitur yang terdapat pada aplikasi Cisco Packet Tracker :

Menu Bar


Pada Menu Bar terdapat menu File, Edit, Options, View, Extensions dan Help. Kamu bisa melakukan perintah dasar seperti membuat lembar kerja baru, membuka dan menyimpan topologi, copy-paste, memperluas halaman lembar kerja hingga bantuan untuk mengetahui lebih detail apa saja yang bisa dilakukan di Cisco Packet Tracer.

Main Toolbar


Fitur yang ada pada main toolbar juga terdapat pada menu bar, namun untuk memudahkan penggunaan hanya menampilkan menu icon yang sering digunakan. Berikut adalah fungsinya:

New : Membuat lembar kerja baru.
Open : Membuka lembar kerja yang sebelumnya disimpan.
Save : Menyimpan lembar kerja.
Print : Mencetak lembar kerja. Bisa cetak langsung ke printer atau dalam bentuk file.
Copy dan Paste : Menyalin komponen pada lembar kerja. Kamu bisa menggandakan satu atau beberapa komponen sekaligus.
Undo dan Redo: Untuk kembali dan maju terhadap perubahan yang kamu lakukan di lembar kerja.
Zoom In, Zoom Reset dan Zoom Out: Untuk memperbesar dan memperkecil tampilan lembar kerja, untuk mengembalikan ke tampilan awal bisa klik Zoom Reset.
Drawing Palette : Menggambar palet. Untuk menandai area pada di sebagian topologi.
Custom Device Dialog : Untuk mengubah deskripsi atau penamaan perangkat.

Common Toolbar


Pada menu ini terdapat perintah seleksi, menambahkan catatan pada lembar kerja, menghapus komponen, inspect, menggambar area dan resize. Kamu juga bisa melakukan test kirim terima paket data melalui Add Simple PDU (gambar surat).

Workspace


Workspace atau lembar kerja adalah halaman yang bisa kamu gunakan untuk menggambar topologi, melihat proses simulasi, menambahkan catatan dan informasi lainnya.

Device Type


Pada menu ini kamu dapat memilih jenis perangkat yang dibutuhkan untuk membuat topologi jaringan yang kamu inginkan. Berbagai perangkat tersebut antara lain Router, Switch, Hub, End Devices dan Perangkat Wireless. Kamu juga bisa memilih Connection atau jenis kabel untuk menghubungkan antar perangkat.

Device Specific


Jika pada Device Type kamu bisa memilih jenis perangkat, pada Device Specific kamu bisa memilih tipe dari jenis perangkat yang sebelumnya kamu pilih di Device Type.

Konfigurasi


Untuk melakukan konfigurasi perangkat, klik dua kali pada perangkat di lembar kerja. Pada End Device seperti laptop akan tampil konfigurasi dalam tampilan Physical, Config, Desktop dan Custom Interface.

Pada perangkat lain seperti router tampilan konfigurasinya berbeda, terdapat menu konfigurasi dengan tampilan Physical, Config dan CLI.

Pada menu Config kamu bisa melakukan konfigurasi router berbasis GUI, sementara pada CLI konfigurasinya dalam bentuk perintah text.

Perhatikan bahwa router kamu akan bekerja jika dalam kondisi menyala dan pada saat dinyalakan terdapat proses booting, hal ini bertujuan untuk menggambarkan apa yang terjadi pada kondisi real menggunakan perangkat fisik.

Agar router kamu dalam posisi menyala, kamu perlu mengubah sakelar ke kondisi ON.

Cabling


Untuk menghubungkan antar perangkat, kamu bisa memilih jenis kabel pada Device Type, sebagai contoh untuk menghubungkan antara laptop dan switch kamu perlu memilih tipe kabel Cooper Straight-Through, sementara untuk menghubungkan antar laptop kamu bisa pilih Copper Cross-Over.

Peruntukan setiap kabel berbeda-beda. Jika kamu bingung, kamu bisa pilih Automatically Choose Connection Type (icon petir) maka Cisco Paket Tracer secara otomatis menghubungkan tipe kabel yang sesuai dengan perangkat yang dihubungkan.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

1 komentar

  1. Keren banget. 👍👍