Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Adobe Photoshop

Adobe Photoshop merupakan salah satu aplikasi terbaik untuk mengedit gambar dan file media serupa lainnya. Aplikasi ini juga termasuk dalam aplikasi populer yang sudah digunakan oleh jutaan pengguna di seluruh dunia. Meskipun sangat kaya fitur dan menyediakan cara mudah untuk mengedit gambar, Aplikasi Photoshop masih memiliki banyak kekurangan. Setiap versi baru hadir dengan banyak perbaikan bug. Hari ini saya akan membahas tentang kelebihan dan kekurangan Photoshop.


Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Adobe Photoshop
Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Adobe Photoshop

Kelebihan Photoshop


Tidak ada keraguan saat saya mengatakan bahwa Photoshop adalah salah satu aplikasi terbaik yang tersedia di pasaran saat ini untuk mengedit foto dan membuat desain grafis yang menakjubkan. Berikut ini adalah kelebihan yang paling menonjol dari Photoshop.


1. Salah satu aplikasi editor paling profesional


Photoshop adalah salah satu perangkat lunak pengeditan paling profesional yang tersedia saat ini. Dari penggunaan paling dasar hingga desain grafis paling canggih, perangkat lunak ini menyediakan hampir semua alat yang Anda perlukan. Dari tugas pemangkasan sederhana hingga melukis desain profesional tingkat lanjut, apa pun dapat dicapai dengan menggunakan Photoshop.


2. Tersedia di semua platform


Adobe Photoshop tersedia di hampir semua platform termasuk Windows, macOS, Android, iOS, iPad OS, dll. Jadi, apa pun sistem operasi yang Anda gunakan, Anda dapat menginstal Photoshop di salah satunya. Antarmuka dan alat yang tersedia dapat bervariasi berdasarkan sistem operasi yang Anda gunakan. Misalnya, versi iOS atau Photoshop versi Android mungkin tidak memiliki semua alat yang tersedia di versi PC atau Mac OS.


3. Mendukung hampir semua format gambar


Anda dapat mengedit hampir semua format gambar menggunakan Photoshop. Jika format tertentu belum didukung, ada plugin Photoshop yang tersedia yang akan menerapkan kompatibilitas. Jadi Anda benar-benar dapat mengedit atau mengonversi format gambar apa pun yang dikenal menggunakan Adobe Photoshop.


4. Bahkan mengedit video dan GIF


Meskipun fungsi utama Photoshop adalah untuk mengedit gambar, Photoshop juga dapat digunakan untuk beberapa pengeditan video atau GIF dasar. Saya tidak berbicara tentang menambahkan animasi yang luar biasa atau membuat jam video berkualitas tinggi. Tetapi Photoshop menyertakan fungsionalitas untuk mengedit video atau GIF bingkai demi bingkai untuk membuat animasi cepat atau membuat perubahan pada bingkai tertentu.


5. Kompatibel dengan keluaran program lainnya


Karena aplikasi ini diterima secara luas, Photoshop kompatibel dengan keluaran dari banyak aplikasi pengeditan profesional. Anda dapat langsung menggunakan output dari perangkat lunak tersebut dan membuat perubahan pada file menggunakan Photoshop. Ini membuatnya sangat mudah untuk mengedit file dalam format lain tanpa harus mengonversinya menjadi file PSD atau gambar yang didukung sehingga menghemat banyak waktu.


Kekurangan Photoshop


Meskipun Adobe Photoshop hampir sempurna dalam segala hal, photosop tetap masih memiliki banyak kekurangan. Seperti perangkat lunak lain di luar sana, tidak peduli seberapa sempurna mereka. Berikut ini adalah kelemahan dari Photoshop.


1. Agak mahal


Sebelum mengatakan bahwa Photoshop mahal, saya harus memberi tahu Anda bahwa setiap dollar yang Anda habiskan untuk aplikasi luar biasa ini sangat berharga jika Anda memilikinya. Dikatakan demikian, membayar sekitar $10 setiap bulan mungkin tidak nyaman bagi setiap pengguna di luar sana. Ketika ada alternatif yang tersedia dengan harga yang hampir sama tetapi untuk paket seumur hidup, beberapa orang mungkin menganggapnya sebagai masalah. Jadi, jika Anda salah satunya, dan kebutuhan pengeditan Anda sangat mendasar, mungkin ada baiknya untuk memilih alternatif. Ada beberapa aplikasi pengeditan sederhana yang tersedia secara gratis.


2. Mereka tidak akan mengizinkan Anda untuk membelinya


Seperti yang sudah disebutkan, Photoshop mungkin agak mahal bagi sebagian orang. Selain itu, Adobe tidak akan membiarkan Anda membayarnya sekaligus. Anda harus memilih antara berlangganan bulanan atau pembayaran tahunan. Anda tidak dapat membeli paket seumur hidup di Photoshop. Artinya, selama Anda menggunakan perangkat lunak tersebut, Anda harus membayar biaya setiap bulan atau tahun.


3. Pemula bisa bingung


Photoshop dirancang agar sesuai untuk hampir semua jenis penggunaan. Itu berarti, sampai tingkat tertentu, dengan bantuan beberapa tutorial, siapa pun dapat menguasainya. Tetapi jika Anda benar-benar pemula tanpa pengalaman sebelumnya dengan pengeditan gambar atau aplikasi desain apa pun, Anda mungkin merasa agak sulit menggunakan Photoshop. Terutama untuk memahami toolset. Ini sebagian besar karena banyaknya fungsi yang tersedia pada perangkat lunak yang mungkin membingungkan Anda. Itu tidak berarti Anda tidak akan pernah bisa menjadi ahli Photoshop. Hanya membutuhkan beberapa waktu dibandingkan dengan aplikasi mudah lainnya di luar sana.


4. Dukungan grafis vektor


Kompatibilitas asli Photoshop dengan grafik vektor masih belum terlalu bagus. Meskipun Anda dapat memperluas fitur dan kompatibilitas menggunakan plugin tambahan, Anda mungkin masih tidak dapat mengedit semua format vektor yang mungkin perlu Anda ubah. Terutama Mereka yang bekerja dengan situs web mungkin mengalami kesulitan dalam mengedit dan membuat format seperti SVG. Jadi Photoshop terutama dapat dianggap sebagai editor gambar raster.


5. Masalah kinerja


Jika Anda memiliki PC menengah dengan spesifikasi dan perangkat keras rata-rata, Anda mungkin tidak melihat masalah kinerja apa pun kecuali saat Anda merender beberapa grafik berkualitas tinggi. Tetapi bagi mereka yang menggunakan komputer pemula mungkin mengalami kelambatan yang ekstrem saat memulai serta merender gambar atau grafik yang kecil sekalipun. Karena banyaknya fitur yang disertakan yang mungkin tidak digunakan semua orang, perangkat lunak terkadang bisa sangat menguras sumber daya. Versi yang lebih lama lebih disukai dalam hal ini yang tampaknya berjalan cukup normal pada perangkat keras yang lebih sedikit.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar