Cara Mudah Menambah dan Menghapus Font di Windows 10

Apakah Anda lelah menggunakan kumpulan font yang sama berulang kali dan mencari sesuatu yang baru? Komputer Windows 10 hadir dengan banyak font pra-instal, sehingga Anda dapat langsung memilih font yang sesuai dengan selera Anda. Namun, menggunakan font yang sama berulang-ulang bisa menjadi sangat membosankan. Dan itu mungkin mempengaruhi produktivitas Anda. Tapi itu tidak harus berakhir seperti ini. Karena Anda selalu dapat menginstal font tambahan pilihan Anda di PC Windows 10 Anda dan menambahkan beberapa kesenangan dan bakat pada proses penulisan Anda.

 

Cara Menambah dan Menghapus Font di Windows 10
Cara Menambah dan Menghapus Font di Windows 10


Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari dua metode langkah demi langkah yang mudah untuk menginstal font di Windows 10 dan menghapus yang tidak perlu. Mari kita mulai.


Cara Menginstal Font di Windows 10


Ada dua cara utama Anda dapat mengunduh dan menginstal font baru di perangkat Windows 10 Anda tanpa kekacauan. Ikuti metode di bawah ini untuk menginstal font favorit Anda dalam sekejap.


Gunakan Toko Microsoft


Cara tercepat dan termudah untuk menginstal font baru adalah melakukannya melalui toko Microsoft. Microsoft Store sudah diinstal sebelumnya di sebagian besar komputer Windows 10. Dan Anda dapat menggunakannya untuk mengunduh berbagai aplikasi, game, dan bahkan font favorit Anda.


Untuk melakukannya:


  1. Tekan tombol "Windows + I" pada keyboard Anda dan buka aplikasi "Pengaturan".
  2. Selanjutnya, klik opsi "Personalisasi".
  3. Setelah menu "Personalisasi" muncul, klik "Font" di panel kiri.
  4. Setelah Anda masuk ke menu "Font", klik teks berwarna biru, "Dapatkan lebih banyak font di Microsoft Store", yang berada tepat di bawah teks "Tambahkan font".
  5. Sekarang, temukan font yang Anda suka dan klik untuk memulai proses pengunduhan.
  6. Selanjutnya, setelah font terinstal, akan muncul di bagian “Available fonts”, sehingga Anda dapat mulai menggunakannya.
  7. Coba Seret dan Jatuhkan untuk Menginstal Font di Windows 10


Jika tidak ada font dari Microsoft Store yang menarik perhatian Anda, Anda selalu dapat mengunduh dan menginstalnya dari tempat lain. Dalam hal ini, Anda dapat menggunakan metode "seret dan lepas" ini untuk menginstal font favorit Anda di PC Anda.


Ingat, jika Anda ingin membuat metode ini berfungsi, Anda harus mengunduh font dari tempat lain terlebih dahulu. Harap dicatat bahwa setiap file font yang berfungsi di komputer Windows 10 hadir dalam format .tff atau .otf. Anda dapat mengunduh file font ini secara gratis dari beberapa situs web tepercaya seperti Google Fonts, Urban Fonts, Font Squirrel, atau situs lain pilihan Anda.


Setelah selesai, ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk menginstal font yang Anda unduh di Windows 10:


  1. Buka "Bilah Pencarian" dan ketik "File Explorer." Sekarang, klik pada hasil teratas dan aplikasi "File Explorer" akan terbuka.
  2. Selanjutnya, di panel kiri, klik "Unduh" dan temukan font yang Anda unduh.
  3. Sekarang, ekstrak file font yang berformat .tff atau .otf. Biarkan jendela tetap terbuka dan lanjutkan ke langkah berikutnya.
  4. Selanjutnya, ketik "Control Panel" di "Search Bar" dan klik pada hasil teratas untuk membuka jendela "Control Panel".
  5. Setelah itu, klik "Penampilan dan personalisasi."
  6. Selanjutnya, klik opsi "Font".
  7. Sekarang, buka jendela "Unduhan", seret font yang Anda pilih, dan letakkan di jendela "Font" di Panel Kontrol.
  8. Sekarang, tunggu beberapa saat dan font akan diinstal secara otomatis dan tersedia untuk Anda gunakan.


Menghapus Font yang Tidak Perlu


Terkadang, Anda mungkin akhirnya mengunduh dan menginstal terlalu banyak font, hanya untuk menyadari bahwa Anda tidak menyukai kebanyakan font di kemudian hari. Tapi jangan khawatir. Sebab, di Windows 10, menghapus font sebenarnya lebih mudah daripada menginstalnya.


Untuk menghapus font :


  1. Tekan tombol "Windows + I" pada keyboard Anda dan buka aplikasi "Pengaturan".
  2. Selanjutnya, klik "Personalisasi" dan kemudian pilih "Font" di panel kiri.
  3. Sekarang, temukan font yang ingin Anda hapus dari perangkat Anda.
  4. Setelah itu, klik fontnya.
  5. Setelah menu baru terbuka, klik opsi "Copot",
  6. Selamat! Anda telah berhasil menghapus font.


Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

Posting Komentar