Pengertian, Manfaat, Tipe dan Jenis Jaringan Komputer

Pengertian, tipe dan jenis jaringan komputer - Hai sobat, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang apa itu jaringan komputer, tipe jaringan komputer dan jenis-jenis jaringan komputer. Kalian mungkin sudah sangat sering sekali mendengar istilah jaringan komputer. Apa itu jaringan komputer?


Pengertian, Manfaat, Tipe dan Jenis Jaringan Komputer
Pengertian, Manfaat, Tipe dan Jenis Jaringan Komputer


Pengertian Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah dua atau lebih perangkat komputer yang saling berhubungan dan saling berkomunikasi (bertukar data). Setiap komputer yang terhubung pada jaringan memiliki sebuah alamat yang disebut IP Address. Untuk media transmisi pada jaringan komputer dapat berupa kabel maupun wireless.  Jaringan komputer dapat bersifat privat maupun publik. Dimana dalam penggunaannya, jaringan private biasanya memerlukan sebuah akses user dan kata sandi yang dimasukkan secara manual oleh admin maupun pengguna. Untuk penggunaan jaringan publik seperti internet, biasanya tidak membatasi suatu akses sehingga dapat digunakan siapapun.


Baca juga : Mengenal Cisco Packet Tracker, Aplikasi Simulasi Jaringan untuk Anak TKJ


Manfaat Jaringan Komputer


Manfaat jaringan komputer Berikut ini merupakan beberapa manfaat jaringan komputer dalam kehidupan sehari – hari. 

1. Untuk berbagi dokumen Manfaat yang pertama digunakan sebagai media untuk membagikan dokumen yang anda miliki kepada perangkat komputer lain dengan menggunakan jaringan internet. Anda dapat membagikan dokumen menggunakan kabel data maupun nirkabel. 

2. Untuk menjaga dan memanajemen keamanan data Data akan semakin baik jika disimpan secara lebih terpusat. Selain itu, jaringan juga bermanfaat untuk memudahkan administrator dalam melakukan manajemen data perusahaan yang penting. Dengan memanfaatkan shared server, maka setiap karyawan mampu untuk mencari data secara cepat dan efisien. 

3. Memudahkan dalam berkomunikasi Jaringan komputer juga sangat memudahkan untuk melakukan komunikasi antar tim maupun dengan orang lain yang berbeda geografis secara cepat dan akurat. Dengan berkomunikasi secara tepat, maka dapat membantu dalam mengatasi setiap permasalahan yang mungkin terjadi dalam perusahaan. 

4. Menyampaikan informasi secara cepat Dengan bantuan jarkom, proses penyampaian informasi menjadi lebih cepat tanpa batasan waktu dan tempat. Anda dapat membaca setiap informasi dari berbagai penjuru dunia.  

5. Membantu aktivitas manusia Dan manfaat jaringan komputer terakhir adalah membantu setiap kegiatan manusia agar lebih efektif dan efisien. Dengan adanya jaringan yang baik maka setiap aktivitas baik di dalam kantor maupun di luar kantor dapat terhubung dengan baik.

Tipe Jaringan Komputer


Tipe jaringan komputer dibagi menjadi 2 yaitu Peer to Peer dan Client Server.

1. Client Server

Pada tipe jaringan Client Server, terdapat komputer yang bertindak sebagai Server (memberikan layanan) dan ada yang bertindak sebagai Client (meminta layanan).


2. Peer to Peer

Pada tipe jaringan Peer to Peer, setiap komputer dapat bertindak sebagai Server (memberikan layanan) maupaun bertindak sebagai Client (meminta layanan).


Jenis Jaringan Komputer


Jenis jaringan komputer dapat dibedakan menjadi 7 yaitu PAN, CAN, LAN, MAN, WAN, Internet dan VPN.

1. PAN (Personal Area Network)


PAN atau Personal Area Network merupakan salah satu jenis jaringan komputer yang memiliki jangkauan terkecil dimana hanya beberapa meter saja. Biasanya jaringan ini digunakan untuk menghubungkan PC dengan printer, PC dengan Mouse Wireless dan lain sebagainya.

2. LAN (Local Area Network)


Jaringan LAN atau Local Area Network merupakan jaringan yang paling sering kita jumpai. Biasanya diterapkan di warnet, lab sekolah, kantor maupun rumah.

Biasanya jaringan LAN diterapkan menggunakan media transmisi kabel, akan tetapi dengan seiring perkembangan zaman, jaringan ini saat ini menggunakan media transmisi wireless.
 

3. CAN (Campus Area Network)


CAN atau Campus Area Network merupakan jaringan yang wilayah cangkupannya cukup besar hampir setara dengan MAN. Biasanya jaringan ini digunakan untuk lab praktik, kelas-kelas dan sebagainya.

4. MAN (Metropolitan Area Network)


MAN adalah jaringan yang menghubungkan antara satu perangkat komputer dengan perangkat yang lain dalam ruang lingkup kota pada jaringan yang sama. Jenis jaringan ini lebih besar dari dari jaringan LAN. 

5. WAN (Wide Area Network) 


WAN merupakan kumpulan dari LAN yang tersebar secara geografis. Jaringan WAN cenderung untuk menggunakan teknologi seperti ATM, X.25, serta Frame Relay untuk konektivitas jarak yang lebih jauh lagi. 

6. Internet 


Internet adalah jaringan komputer terbesar yang pernah diciptakan oleh manusia. Ruang lingkup dari internet mencakup hampir seluruh penjuru dunia. Siapapun dapat mengakses berbagai sumber informasi dalam berbagai perangkat komputer, seperti PC, smartphone, laptop, tablet, TV, dan lain sebagainya. 

7. VPN (Virtual Private Network) 


VPN merupakan salah satu solusi untuk menyediakan koneksi internet yang lebih aman. VPN dapat membuat jalur aman untuk kebutuhan transmisi data. Saat ini, banyak sekali platform yang menjual VPN secara gratis, maupun menyediakan akses premium. 

Sekian dulu materi tentang pengertian, manfaat, tipe dan jenis jaringan komputer. Sampai jumpa dipostingan selanjutnya dengan materi jaringan.

Baca Juga :
Guru, Desainer, Programmer

1 komentar

  1. Anak TKJ wajib membaca artikel ini.👍